Musda Badko LPQ Kabupaten Tegal, Ikhtiar Mencetak Generasi Qurani Dan Penguatan Moderasi Beragama

Kepala Kantor dan Bupati Tegal pada acara pembukaan Musda Badko LPQ

Slawi – Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Tegal, H. Sukarno, bersama Bupati Tegal,. Hj. Umi Azizah hadir dalam Musyawarah Daerah (Musda) BADKO LPQ Kabupaten Tegal pada Selasa, 05/10/2021 di Aula Al Ikhlas Kankemenag Kab. Tegal. Muskab ini juga dihadiri oleh Kabag Kesra,Kasi PD Pontren, Ketua FKDT Kab. Tegal, dan jajaran Pengurus Badko LPQ Kab. Tegal serta 18 Badko LPQ Kecamatan yang pelaksanaanya secara tatap muka dengan mematuhi protokoler kesehatan.

H. Sukarno dalam sambutanya menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kerja keras kepengurusan masa khidmat 2016-2021 dalam ikhtiarnya untuk mencetak generasi Qur’any, yang sebelumnya Bernama Badko TPQ. Beliau juga menyampaikan pentingnya Penguatan Moderasi Beragama baik di kelembagaan maupun secara personal di tubuh Badko LPQ Kab. Tegal. “ Moderasi beragama adalah cara pandang kita dalam beragama secara moderat. Cara pemahaman dan pengamalannya, secara umum dibagi 3 (tiga) yaitu radikal, moderat, liberal. Moderasi beragama merupakan jalan tengah pemahaman dan pengamalan.” Ungkap Sukarno

Sementara itu, Hj Umi Azizah mengatakan, “jadikanlah Musyawarah Daerah Badko LPQ sebagai sarana silaturahmi, tukar fikir, dan evaluasi kinerja organisasi.” Beliau juga memberikan apresiasi terhadap daya dan upaya yang mulia untuk membumikan Al Qur’an bagi generasi penerus.

“Kita harus mampu mengantisipasi tantangan global mulai dari inteloransi yang dapat merusak ukhuwah, radikalisme dan penyalahgunaan media sosial”, imbuhnya.

“Selamat atas pelaksanaan Muskab, semoga amanah dan menjadikan Badko LPQ yang lebih baik dan berkembang, Pemda Kab. Tegal saat ini memberikan perhatian yang besar kepada LPQ, terbukti dengan adanya bantuan yang dapat dirasakan langsung baik oleh Lembaga maupun para tenaga pengajar, yang dulu bantuan ditujukan dalam bentuk hibah, dan sekarang dalam bentuk Bansos yang besarrnya lebih kurang 16 milyar rupiah. Kami juga akan mengalokasikan bantuan laptop supaya LPQ bisa dengan baik mengupdate data Emis yang dibutuhkan sebagai rujukan informasi bagi PD Pontren Kankemenag Kab. Tegal” Pungkas Umi Azizah. Musda Badko LPQ Kab, Tegal sebagai forum permusyawaratan tertinggi untuk menyampaikan LPJ periode 2016-2021 sekaligus memilih Ketua periode berikutnya. Hasil musyawarah tersebut mengamanatkan Kembali KH. Choril Amin Fadil, M.SI sebagai Ketua Badko LPQ Kab. Tegal periode 2021-2026, dan menetapkan Tim Formatur untuk melengkapi kepengurusan yang diisi oleh Ketua terpilih, Kokabudin,Salafudin Yusuf, Abdul Honi dan Siti Zubaedah. (Kontributor : M. Syamsul Azhar)