Kamis, 2 Maret 2017, 13:46

Terwujudnya ASN Yang Berakhlakul Karimah

Bunyi bedug bertalu-talu pertanda waktu sholat sudah tiba dan seperti biasanya ASN Kankemenag berbondong-bondong untuk memenuhi masjid Al Hikmah Kankemenag Kabupaten Jepara. Pemandangan seperti ini rutin terjadi disetiap dikumandangkannya adzan sholat dzuhur dan sholat ashar. Para jamaah sholat dengan kesadarannya bergegas menuju halaman masjid. Sungguh luar biasa, kebiasaan berjamaah yang tertanam pada jiwa ASN, pemandangan yang sangat menyejukkan hati seperti suasana di pondok pesantren. Dimulai dari Pejabat Struktural , Pejabat Fungsional, Pengawas, Guru dan masyarakat setempat bahkan Instansi yang berada disekitar juga turut memenuhi shof-shof masjid Al Hikmah.

Semua itu tidak terjadi dengan sendirinya, tentu saja suasana yang kondusif terjadi karena peran proaktif dan keuletan dari pimpinan kankemenag dalam mengingatkan pegawainya dengan baik. Dan kini Kankemenag Jepara bukan hanya sebagai pusat informasi haji yang dikenal orang awam namun juga pencetak manusia yang berkualitas mulia.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara Muhdi berpesan dalam penyampaian kultum baru-baru ini di masjid Al Hikmah diharapkan ASN meluangkan waktu untuk sholat berjamaah, menghentikan pekerjaan sejenak untuk membiasakan sholat berjamaah.

Menurut H. Muhdi dengan sholat berjamaah terbentuk karakter ASN yang disiplin dalam segala hal, membangun mental spiritual kita dan mengaplikasikanya dalam kehidupan sehari-hari, kata H. Muhdi

Dalam kesempatan yang berbeda ASN atas motivasi dari Kepala Kantor Kementeriaan Agama Kabupaten Jepara membentuk Khotmil Quran Kemenag yang dipelopori oleh Penyelenggara Syariah kementerian Agama Kabupaten Jepara dengan bertujuan untuk membiasakan ASN membaca al Quran, kegiatan ibadah ini tidak mengganggu aktifitas ASN karena dilaksanakan disela-sela waktu luang atau istirahat. H. Muhdi berharap bahwa seluruh ASN Kankemenag Kabupaten Jepara tidak hanya mampu berpengetahuan dalam bidangnya namun meningkatkan kualitas ASN yang benar-benar berakhlakul karimah, ujar H. Muhdi.(nurul syar/bd)