Rabu, 5 April 2017, 14:24

Budaya Bersalaman

Rasa saling menghormati harus selalu dibudayakan di lingkungan manapun, khususnya pada lingkungan sekolah. Akhir-akhir ini banyak sekali para siswa-siswi mulai tidak ada rasa hormat kepada gurunya sendiri atau yang paling menyedihkan adalah tidak ada perasaan menghargai dan menghormati bahkan dengan orang tuanya sendiri. Cerminan ini merupakan dampak dari adanya sikap kurang patuh dan hormat terhadap orang yang lebih tua. Agar tercipta suasana yang harmonis di lingkungan sekolah, maka sikap hormat dan menghormati harus diciptakan oleh guru dan siswa. Guru sebagai orang tua kedua dalam kehidupan anak diharapkan mampu menciptakan hubungan kekeluargaan dengan para siswanya, agar kelak siswa teringat selalu akan kebaikan dan sikap baik yang telah dilakukan gurunya bahkan sampai siswa tersebut lulus dan meninggalkan sekolah.

Salah satu bentuk kegiatan yang dapat dijadikan contoh adalah dengan menyalami siswa ketika siswa baru datang di sekolah. Hal ini disamping sebagai cara untuk meningkatkan rasa hormat siswa terhadap gurunya, juga dapat dijadikan sebagai media untuk mempererat tali silaturahmi antara seluruh warga sekolah. Budaya bersalaman harus senantiasa diupayakan dan diterapkan secara menyeluruh di lingkungan sekolah, karena sekolah merupakan tempat pembentukan karakter dan moral siswa setelah di lingkungan keluarga. Sebisa mungkin kegiatan bersalaman dengan guru dilakukan setiap hari, pada saat akan masuk ke sekolah, masuk di kelas, dan juga setiap bertemu dengan guru dimanapun dan kapanpun. Penerapan budaya bersalaman merupakan bentuk sikap yang menjunjung norma sosial pada lingkungan masyarakat.

Madrasah adalah salah satu sekolah di bawah naungan Kementerian Agama yang telah menerapkan kegiatan bersalaman sebagai kegiatan rutin di sekolah. Sekolah dapat dikatakan baik dan bermutu apabila dapat menghasilkan siswa-siswi yang pintar dan cerdas dalam bidang akademik maupun non akademik serta mempunyai nilai moral dan akhlak yang baik. Sebagai sekolah yang cukup bermutu, Madrasah juga harus selalu menciptakan suasana yang harmonis dan kekeluargaan baik antara siswa dengan guru ataupun guru dengan guru, hal ini akan membuat proses kegiatan di sekolah dapat berjalan dengan baik dan lancar. Semua sekolah diharapkan mampu untuk melakukan kegiatan semacam ini, dikarenakan kegiatan bersalaman ini sudah jarang sekali ditemukan pada lingkungan sekolah. Dengan menerapkan budaya bersalaman di sekolah, diharapkan sekolah akan dapat menciptakan generasi-generasi muda yang memiliki karakter yang kuat dalam moral dan perilakunya agar kelak dapat menjadi bekal dikehidupan pada masa yang akan datang. (Athi/bd)