Artikel

Halaman Artikel

Anak Fotokopi Orang Tuanya

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara - 03 Juli 2019

Banjarnegara –  Anak selain amanah juga rejeki terbaik buat orang tuanya. Dan rasa syukur tidak hanya di ucapkan tetapi menjaga amanah tersebut menjadi orang yang berhasil di kemudian hari. Mengantar putra putrinya agar paham agama merupakan investasi masa depan.

Kecenderungan orang tua memilih sekolah yang memiliki kualitas dan ada pendidikan agamanya dengan berbagai alasan.  Berharap anaknya pintar dalam ilmu agama, bisa mengaji, namun yang utamanya adalah agar putra-putrinya menjadi anak yang soleh dan solehah.

Saiful Bahri, Kepala MTs Maarif NU Gunung Pring dari Magelang, yang juga sebagai motivator menyampaikan bahwa “Tidak pernah diberikan anak soleh dan solehah,  jika orang tuanya tidak soleh-solihahah”

Yang menjadi pertanyaan “Kenapa?”

Harapan orang tua, agar anaknya soleh tidak salah, namun dari beberapa kasus saat konseling didapatkan bahwa tindakan-tindakan orang tua yang buruk, tidak bertanggung jawab menjadikan penghalang anak menjadi soleh-solihah.

Gunakan Rejeki yang Halal Agar Barokah dan Uswatun Hasanah

Sebuah kisah ada seorang anak dimana  bapaknya adalah seorang jenderal dan ibunya calon anggota dpt yang berharap anaknya bisa berubah dan mau belajar dipesantrean. Setelah perjalanan waktu anaknya mau mondok dan berprestasi, namun kabur setelah mendapatkan masalah.

Usut-punya usut ternyata orang tuanya membiaya pendidikan dan makan menggunakan uang yang tidak halal. Di sini penghasilan halal merupakan bekal dasar pembentukan anak. Kesolehan orang tua berupa ketaatan kepada Alloh SWT melalui pekerjaan halal dan kualitas rejeki perlu dijaga dan diperbaiki.

Selanjutnya yang dibutuhkan anak BUKAN “mauidhoh hasanah”, akan tetapi “uswatun hasanah”. Hal ini terlihat dari tindakan dan tingkah laku orang tua selama keseharian.  Kecenderungan orang tua mementingkan bermain gadget dari pada bermain dengan anak, kesukaan orang tua terhadap hal-hal kedunia-antara yang berlebihan dan tindakan lain yang tidak mencerminkan akhlak yang baik, menjadi rujukan dan gambarna bagi anaknya.

Berikan contoh berupa perhatian orang tua yang baik, visualisasi tindakan yang membentuk kedewasaan dan akhlak orang tua dalam bergaul, bersosialisasi dan menghadapi masalah dan tunjukkan karakter yang bagus akan membekas positif bagi anak.

Membangun Karakter Dimulai dari Bangun Tidur

Jika Orang tua ingin karakter putra-putrinya bagus,  merupakan tugas orang tua membantu anak melepaskan ikatan setan dari dirinya di mulai dari kehidupan keluarga, salah satunya dengan bangun pagi dan sholat subuh.

Syetan mengikat tubuh manusia selama tidur dengan 3 ikatan menjadikan malas.  Pertama buka ketika bangun tidur dengan MENGINGAT ALLOH, bukan yang lain apalagi Handphone. Kedua buka ikatan dengan berWUDHU, dan terakhir buka ikatan dengan melakukan SHOLAT SUBUH.

Tidak ketinggalan, jangan membangunkan suami/suami dan anak dengan teriakan karena hal ini akan mengganggu psikologi anak. Bangunkan dengan hangat dan santun.

Anak Nakal Bukan AIB

Orang tua jangan beranggapan bahwa Kenakalan anak bukan sebuah aib. Sebaliknya merupakan anugerah diberikan anak yang kreatif, untuk itu perlu didorong dan di arahkan dengan baik. Perlu kesabaran orang tua dan hasil didikan orang tua agar berhasil dalam hidupnya. Bisa terjadi Anak nakal karena orang tua tidak sabar dan hasil pikiran orang tua.

Bangun keyakinan dan optimis kepada Allah SWT disertai suka membaca Al Quran, Dzikir dan Puasa di ikuti sedekah/ Shodaqoh sebagai iktiar dan itu termasuk ciri-ciri orang tua yang Soleh dan Solehah.(nangim/rf).

Narasi disampaikan saat Sesi Motivasi Orang Tua kegiatan Open House  dan Halal bi Halal MI Al Fatah Parakan canggah (29/06)


Dibaca sebanyak 88 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Kankemenag Kab. Pemalang Adakan Seleksi Calon Peserta Asesmen Promosi Kamad Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang - 15 November 2019

Tiga Prinsip Kerja Plt. Kepala Kankemenag Kab. Pemalang Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang - 15 November 2019

Wamenag Hadiri Tahlil & Doa 100 Hari Wafatnya Mbah Moen Subbag Inmas 08 - 15 November 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial