Artikel

Halaman Artikel

Guru RA, Penghasilan Kecil Bersemangat Besar

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung - 09 Desember 2018

Temanggung - Menjadi seorang guru RA tentulah tidak terlepas dari suka dan duka dalam mendidik anak-anak yang masih dibawah umur. Diantara duka yang dialami guru RA apabila ada orang tua yang sensitif terhadap anak-anaknya dalam pembelajaran di sekolah, misalnya hal sepele yang dilakukan guru RA terhadap anak didiknya, lantas orang tua tidak terima terhadap guru tersebut. Ada juga orang tua yang menyerahkan anak sepenuhnya kepada guru RA (dalam hal pembelajaran) dan tidak pernah mempedulikan perkembangan belajar anaknya. Belum lagi guru RA juga dihadapkan dengan minimnya sarana prasarana, baik gedung, media, alat peraga maupun sarana yang lain menjadi tantangan tersendiri.

Hal yang paling memilukan adalah mereka dibayar jauh dari standar minimal kebutuhan hidup, sebagian besar bergaji dibawah 250 ribu rupiah per bulan. Menurut Muallimah S.Pd.I., dia yang bersama satu orang temannya yang mengajar di RA Al Ihsan Soborejo Pringsurat, dengan duapuluh siswa A dan B hanya menerima 200 ribu per bulan. "Oleh karena itu kami sangat berharap tunjangan insentif dari pemerintah bisa rutin diberikan," terang Muallimah.

Tapi, menurutnya dia bersama teman sesama guru RA yang lain sudah niat dari awal untuk mengabdikan dirinya mendidik anak bangsa. Baginya materi yang diterima walaupun tidak seberapa tidak menjadi penghalang untuk menjalankan tugas mencerdaskan kehidupan anak bangsa.

Hal yang paling menyenangkan adalah saat bisa bercengkerama dengan anak dalam kegiatan pembelajaran. Bisa bernyanyi, menari, bercerita dan bermain bersama anak anak adalah kegembiraan tersendiri.

Widiyatun yang mengajar di RA Al Falah Soropadan juga menceritakan hal yang sama tentang kondisi para guru RA.

"Sekalipun gaji mereka kecil, tapi semangat dalam mendidik luar biasa," ujar Widiyatun.

Dia sebagai Ketua IGRA kecamatan juga menceritakan bahwa walaupun dengan kondisi yang terbatas, setiap kali ada kegiatan IGRA di tingkat Kecamatan ataupun Kabupaten, para Guru RA sebagian besar hadir dengan antusias yang tinggi. Semangat yang perlu diteladani oleh para guru yang lain.(nm/sua)


Dibaca sebanyak 30 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Santri Milenial : Santri Anti Hoak Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kudus - 18 Januari 2019

Tim Pramuka MTs Tauhidiyah Pomahan Gelar Bakti Sosial Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang - 18 Januari 2019

RA Perwanida Peringati Harlah Yang ke-43 Dengan Istighosah dan Berbagai Lomba Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara - 18 Januari 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial