Artikel

Halaman Artikel

Manisnya Menjaga Lisan

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 01 Maret 2018

Banyak orang yang dihina termotivasi untuk bangkit dan menjadi berhasil, dan banyak orang yang hancur karena lupa diri atas apa yang dimiliki yang sebenarnya tidak seberapa. Namun, mengapa ada saja orang yang suka meremehkan orang lain.

Meremehkan orang lain adalah perbuatan yang tidak menguntungkan, menguras tenaga, dan merugikan. Mengapa? Tidak menguntungkan karena Anda tidak akan mendapatkan apapun dengan meremehkan orang lain. Menguras tenaga karena Anda pasti akan membuang-buang tenaga dan energi Anda dengan sia-sia untuk meremehkan orang lain. Merugikan karena Anda bisa dimusuhi, dijauhi, dan dibenci banyak orang. Alih-alih ingin menjadi orang yang terhebat malah orang itu akan tenggelam oleh kehebatannya sendiri.

Tidak ada orang di dunia ini yang suka diremehkan. Mereka akan menjauhi orang yang suka meremehkan mereka. Bila orang yang diremehkan itu adalah orang bijak, pastilah dia akan termotivasi dan menjadi berhasil. Dunia ini penuh keajaiban, bisa saja (mungkin karena nasib) mereka yang diremehkan menjadi lebih hebat dari orang yang meremehkannya.

Menghina itu tidak baik, lalu mengapa ada saja orang yang suka menghina? Itu karena mereka terlalu melihat kebawah atau melihat/membandingkan orang yang lebih tidak mampu darinya. Hal itu membuat dirinya menjadi sombong dan berlanjut menjadi suka menghina orang lain.

Bedakan juga meremehkan/menghina dengan mengkritik. Jika meremehkan itu ada kegiatan membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain. Lain lagi dengan mengkritik, mengkritik tidak ada kegiatan yang tidak terpuji itu.

Jauh lebih hina orang yang menghina dari pada yang di hina. Orang tertindas akan di naikkan derajatnya sedangkan sikap suka menghina adalah sumber penghancuran diri.

Kita semua menginginkan kebahagiaan, dan siapa pun akan berjuang untuk mendapatkan kebahagiaannya. Namun, hidup memang tidak akan hanya berjalan pada titik aman dimana semua orang berbahagia, saling mengasihi, saling support, dan saling melengkapi. Kebahagiaan yang telah didapatkan seringkali terusik oleh hal-hal menyakitkan yang tak terduga. Terkadang sebaik-baiknya hal yang kita lakukan, selalu saja ada segelintir orang yang mencibir tak suka. selalu saja ada orang yang menemukan cara untuk menjatuhkaan kita.

Begitulah kehidupan kita. Tidak ada yang sempurna. Di masa silam yang telah kita lalui (masa lalu), kita pasti pernah melakukan kecerobohan dan kesalahan-kesalahan. Hal-hal seperti itu juga yang kerap kali dijadikan senjata oleh orang yang iri bahkan membenci kita untuk menyerang, menghina, dan merendahkan kita baik secara langsung maupun tidak langsung -melalui sosial media-. Jika kita lengah, maka kita akan terbawa oleh arus permainan yang mereka inginkan. Oleh karena itu, kita harus mampu mengendalikan diri kita untuk menghadapi mereka.

Diam itu emas. Bicaralah yang berguna dan seperlunya. Jangan berbicara yang akan dicatat sebagai perbuatan dosa. Jika ada orang lain yang mengajak kita mencela atau mengejek orang lain sebaiknya kita tidak ikut-ikutan dan segera menghindar atau mengalihkan pembicaraan dengan yang lain. Jika mampu, kita pun juga bisa mengingatkan mereka untuk menghentikan apa yang mereka lakukan agar terhindar dari dosa. Di layar televisi, radio dan di media cetak pun tidak jarang melakukan ejekan dan celaan, sehingga kita harus selalu waspada atas apa-apa yang kita dengar.
Oleh karena itu mari kita jaga lisan kita, jangan kita kotori dengan perkataan-perkataan yang tidak perlu, apalagi yang menambah perbendaharaan dosa kita selama hidup di dunia. (Athi’/bd)


Dibaca sebanyak 313 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Penyerahan Surat Tugas CPNS Tahun 2019 Kankemenag Kabupaten Temanggung Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung - 14 Juni 2019

Atasi Kejenuhan, Bimwin dikemas dengan Praktik Diskusi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang - 14 Juni 2019

FGD Persiapan Lomba MAPAK 2019 Tingkat Jateng Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta - 14 Juni 2019

Informasi Penting


Undangan Penyerahan SK CPNS Tahap III Subbag Inmas 01 - 14 Juni 2019


Undangan Penyerahan SK CPNS Tahap II Subbag Inmas 01 - 27 Mei 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial