Artikel

Halaman Artikel

Perlunya Kesantunan Berbahasa di Era Millenial

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen - 21 Maret 2019

Zaman terus bergerak. Setiap saat selalu terjadi perubahan dalam kehidupan sesuai dengan tuntutan kebutuhan manusia. Perkembangan teknologi pun selain memberi kemudahan dan banyak manfaat, kemajuan teknologi ini juga berdampak negatif bagi manusia terutama dalam hal berbahasa. Bahasa merupakan sarana untuk menyampaikan informasi kepada orang lain, baik secara lisan maupun tertulis. Saat ini terjadi pergeseran kesantunan dalam berbahasa. Sepertinya seseorang mengalami “kekagetan bahasa”. Ketika budaya literasi masih rendah ( Indonesia masih menduduki peringkat paling buncit se-Asia Tenggara ) kini kita dihadapkan pada era banjir informasi.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh We Are Social, perusahaan asal Inggris yang bekerja sama dengan Hootsuite merilis laporan terbaru berjudul ‘‘Essential Insight Into Internet, Social Media, Mobile And E-commerce Use Around The Word.” Dalam laporan tersebut diperoleh informasi bahwa masyarakat Indonesia menghabiskan waktu 9 jam 15 menit setiap harinya untuk berinteraksi dengan dunia maya. (detikinet, Maret 2018). Hal ini mengakibatkan masyarakat Indonesia di cap paling “cerewet” di dunia maya.

Tak jarang, tingginya frekuensi komunikasi di dunia maya justru dapat menimbulkan ketegangan sosial antar pengguna. Apalagi saat tahun politik seperti ini. Dunia maya justru menjadi pemicu terjadinya konflik di masyarakat. Perbedaan pandangan politik menyebabkan antar kawan bersitegang atau bahkan berujung pada pertikaian.

Salah satu penyebab munculnya kesalahpahaman di dunia maya karena kurangnya kesantunan berbahasa kaum milenial. Saat berkomunikasi di dunia maya masyarakat indonesia masih banyak yang belum memperhatikan kesantunan dalam berkomunikasi, padahal ini sangat penting. Apa saja yang tersebar di dunia maya akan mudah direspon dengan cepat oleh siapapun.

Kesantunan (politeness), kesopansantunan atau etiket adalah tatacara, adat atau kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat. Kesantunan merupakan aturan perilaku yang ditetapkan dan disepakati bersama oleh suatu masyarakat tertentu sehingga menjadi prasyarat yang disepakati oleh perilaku sosial. Oleh karena itu, kesantunan ini biasa disebut “tatakrama”.

Tatacara berbahasa sangat penting diperhatikan dalam komunikasi antara komunikator dan komunikan demi kelancaran komunikasi. Oleh karena itu, masalah tatacara berbahasa ini harus mendapatkan perhatian, terutama dalam berinteraksi di dunia maya. Dengan mengetahui tatacara berbahasa diharapkan orang lebih bisa memahami pesan yang disampaikan dalam komunikasi.

Kesantunan berbahasa tercermin dalam tatacara berkomunikasi lewat tanda verbal atau tatacara berbahasa. Ketika berkomunikasi, kita tunduk pada norma-norma budaya, tidak hanya sekedar menyampaikan ide yang kita pikirkan. Tatacara berbahasa harus sesuai dengan unsur-unsur budaya yang ada dalam masyarakat tempat hidup dan dipergunakannya suatu bahasa dalam berkomunikasi. Apabila tatacara berbahasa seseorang tidak sesuai dengan norma-norma budaya, maka ia akan mendapatkan nilai negatif, misalnya dituduh sebagai orang yang sombong, angkuh, tak acuh, egois, tidak beradat, bahkan tidak berbudaya.

 

Minimalisir Kesalahpahaman Komunikasi Dunia Maya

Untuk meminimalisir kesalahpahaman komunikasi di dunia maya, ada beberapa hal yang harus dihindari agar tidak terjadi konflik yang disebabkan ketidaksantunan berbahasa diantaranya; Pertama, memberikan kritik secara langsung dengan menggunakan kalimat atau kata kasar. Bagaimana pun juga kritik merupakan sesuatu yang kurang berkenan di hati seseorang. Jika kritik tidak disampaikan dengan baik, maka dapat berujung pada kesalahpahaman. Pengkritik justru dianggap orang yang “sok pintar” atau “sok tahu.” Kritik sebaiknya tidak disampaikan secara umum, tetapi melalui pesan pribadi yang tidak dibaca orang lain.

Kedua, hindari rasa emosi yang reaktif. Bagaimanapun juga pelampiasan emosi bukan hal yang tepat baik dalam dunia nyata maupun dunia maya. Jika seseorang tidak sependapat atau tersinggung dengan status orang lain, maka hendaknya jangan langsung membalasnya. Tunggu beberapa saat sehingga dapat menyampaikan pesan yang lebih baik dan mudah dipahami.

Ketiga, jangan terlalu protektif terhadap pendapat sendiri dan merasa paling benar dengan pendapatnya. Seseorang harus menyadari bahwa kebenaran pendapatnya bersifat subjektif, belum tentu benar menurut orang lain.

Keempat, jangan curiga dan menuduh negatif. Menyampaikan kecurigaannya kepada lawan bicara dengan sengaja memberikan tuduhan negatif dapat menghambat proses komunikasi. Ketika terjadi perbedaan pendapat, maka hindari berprasangka buruk kepada lawan bicara.

Kelima, jangan memojokkan lawan bicara. Jika terjadi perbedaan, maka janganlah sengaja memojokkan lawan bicara dengan argumen subjektif. Berikan data dan fakta yang valid untuk menyanggah lawan bicara.

Pada akhirnya, saat berkomunikasi di era milenia ini banyak yang harus dipertimbangkan sebelum menuliskan atau berkomentar kepada siapa pun. Perhatikan atau tata krama berbahasa dan kesantunan berbahasa. Masing-masing orang memiliki standar nilai yang berbeda karena budaya dan kebiasaan masing-masing juga berbeda. Dengan kesantunan yang benar dan penggunaan bahasa yang benar terwujudlah keharmonisan dalam pergaulan di lingkungan sekitar, khususnya di dunia maya.

 

Penulis   : Emmi Kurniasih, S.P ( Guru pada MAN 2 Kebumen )


Dibaca sebanyak 147 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Pembukaan Pospeda VIII Tahun 2019 Sukses dan Meriah Subbag Inmas 07 - 13 September 2019


Banyak Prestasi Yang Di Capai Kemenag Jawa Tengah Subbag Inmas 02 - 13 September 2019

Informasi Penting


Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019



Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial