Artikel

Halaman Artikel

Purna Tugas PNS Adalah Suatu Keniscayaan

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara - 31 Januari 2019

Jaman dahulu menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kementerian Agama merasakan perjuangan yang luar biasa. Kondisi gaji dan keadaan yang bisa dikatakan cukup memprihatinkan. Keadaan gaji saat itu jika dihitung-hitung tidak cukup untuk hidup selama 1 bulan, belum lagi kondisi sudah berkeluarga dan memiliki putra-putri.

Kementerian Agama Agama RI adalah Instansi yang sarat dengan fungsi melayani masyarakat dalam keagamaan. Ada 2 Tugas dan fungsi Kementerian Agama, yakni sebagai “Abdi Negara dan Masyarakat”, dan Ibadah “Pengabdian Melayani Umat beragama dan keagamaan”

Dengan peningkatan layanan dan reformasi birokrasi, Kementerian Agama berubah. Bukan hanya dari pola kerja, kinerja dan pelayanan juga dari kesejahteraan dan “kehormatan”. Kondisi ini tentunya menjadikan kondisi PNS berbeda dari segi penampilan dan pandangan. Namun jangan dijadikan gagah-gagahan atau gaya-gaya-an, karena PNS di gaji oleh negara dan Kementerian Agama bekerja dengan berbasis agama.

Menjadi Pegawai Negeri Sipil ada mencapai masa kerja/tugas selesai. Dimana aturan untuk Jabatan Fungsional Umum (JFU) yakni 58 tahun dan  Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) mencapai 60 tahun.

Sebagai pegawai pemerintah, apa yang harus di lakukan setelah purna tugas? Terutama Pegawai di Kementerian Agama?

Jawaban pasti adalah “BERSYUKUR”.

Dengan “bersyukur” maka nikmat akan di tambahkan oleh Allah SWT, sebagaimana terkandung dalam Hadits Nabi.  Rasa syukur mudah di ucapkan, tetapi implementasinya tidaklah mudah.

Semasa bekerja menjadi PNS Kementerian Agama RI, pastinya mengalami proses dan kegiatan pengabdian kepada pemerintah dimana segala sesuatunya terjaga dengan aturan dan regulasi. Tata aturan antara pejabat dan staf juga menjadi sesuatu yang wajib. Pengabdian tugas di Kemenag menjadi keberkahan jika dilaksanakan dengan ketulusan hati dan ibadah.

Bekerja menjadi pegawai bukan untuk kepentingan dan memikirkan diri sendiri, ada misi memperkuat pemerintahan, karena PNS merupakan pondasi dari sebuah bangunan pemerintah. Rapuh pondasinya maka akan mudah roboh  rumahnya, untuk itu pegawai dalam bekerja dan memberikan layanan perlu kerjasama dan harus bersinergi.

Purna tugas itu sebuah keniscayaan dan pasti,  bergiliran, pasti akan sampai pada saatnya.

Adapun Purna tugas bisa diartikan “lolos” dan “lulus” karena bisa menjadi Pegawai sampai akhir pengabdian.  Diberikan kesehatan, tidak ada masalah setelah purna, hal ini tentunya menjadi dambaan setiap pegawai atau ASN di instansi manapun.

Rasa syukur juga perlu, karena belum tentu semua ASN bisa lolos purna tugas. Belum sampai purna tugas ajal menjemput, sakit mendera, dan masalah membelit dengan berbagai bentuk, padahal kondisi masih muda dan hal ini bisa terjadi pada siapa saja.

Setelah purna tugas, seorang pegawai akan kembali ke masyarakat dengan status bukan pegawai pemerintah. Tapi yakinlah pandangan masyarakat akan berbeda khususnya yang bekerja di Kementerian Agama.

Kembali ke masyarakat kehidupan menjadi “kompleks”,  biasanya pengabdian kepada masyarakat tidak berhenti malah akan lebih banyak kesempatan untuk mengabdi usai purna tugas. Mari pengabdian di masyarakat dilakukan sesuai kemampuan dalam rangka meningkatkan ibadah.

Untuk itu tetap “uri-uri “(menjaga) nilai yang sudah tertanam saat menjadi pegawai di Kemenag dengan baik, jaga eksistensi, komitmen, dan kinerja saat pengabdian kembali di masyarakat.  Apalagi jaman “now” nya masyarakat sekarang makin kritis, tuntutan, membutuhkan keunggulan dan kepekaan sosial masyarakat.

Disadur dan Diolah dari Sambutan Pembinaan Kepala Kankemenag Kabupaten Banjarnegara, H.Masdiro saat Ijin Pamit Kepala Seksi PD-Ponten, Hj. Eny Nur`ainy (Penulis: Nangim)


Dibaca sebanyak 139 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Pembukaan Pospeda VIII Tahun 2019 Sukses dan Meriah Subbag Inmas 07 - 13 September 2019


Banyak Prestasi Yang Di Capai Kemenag Jawa Tengah Subbag Inmas 02 - 13 September 2019

Informasi Penting


Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019



Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial