Berita

Halaman Berita

1358 Calhaj Kendal Ikuti Manasik

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal - 26 Juni 2019

* Kakanwil Kemenag Prov. Jawa Tengah Farhani memberikan materi dalam bimbingan manasih Kabupaten Kendal Rabu (26/06)

Kendal -Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal mengadakan Bimbingan Manasik Haji I tingkat Kabupaten yang diikuti 1358 Calon Jamaah Haji di Pendopo Kabupaten Kendal Rabu (26/06). Kegiatan yang dibuka oleh Bupati Kendal ini merupakan awal dari rangkaian 8 kegiatan manasik yang terdiri 2 kegiatan di kabupaten dan 6 Kegiatan di level kecamatan.

Kepala Kanwil Kemenag Prov. Jawa Tengah Farhani dalam sesi pertama menerangkan kegiatan pemberangkatan dan pemulangan haji adalah kerja dari banyak unsur dengan Kementerian Agama sebagai leading sectornya. Sehingga, imbuhnya, kerjasama dan koordinasi yang baik adalah kunci kesuksesan pelaksanaan ibadah haji.

"Tahun lalu berkat kerjasama yang baik, indeks kepuasan jamaah haji mencapai 85,23. Tahun 2018 yang merupakan pencapaian tertinggi," ujarnya

Ditambahkan, jamaah haji asal Jawa Tengah yang akan diberangkatkan sebanyak 34 ribu orang lebih banyak dari Malaysia yang cuma 30.200 jamaah haji.  "Data pendaftar haji Jawa Tengah mencapai 671 ribu sehingga jika daftar hari ini maka akan diberangkatkan 24 tahun yang akan datang," jelas Farhani

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kab. Kendal Saerozi menerangkan bahwa calon jamaah haji hanya membayar setengah dari biaya yang sebenarnya yaitu 71 juta. Dijelaskan, biaya pemberangkatan ibadah haji embarkasi Donohudan Solo sekitar 35 juta sehingga ada subsidi 36 juta yang diperoleh dari optimalisasi dana haji.

"Perlu diketahui bahwa ada subsidi yang diberikan pemerintah kepada jamaah haji sebesar 36 juta dari hasil pengelolaan dana pendaftaran haji," terang Saerozi.

Lebih lanjut Saerozi berharap, calon jamaah haji mengikuti kegiatan manasik tingkat kecamatan yang rencananya diadakan sebanyak 6 kali.

"Kalau di Jawa manasik 8 kali sedangkan di luar jawa dilaksanakan 10 kali," pungkasnya. (ja/rf)


Dibaca sebanyak 26 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


353 Peserta Ikuti MTQ Pelajar & Umum Tingkat Kabupaten Pekalongan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan - 27 Juli 2019

9 Rombongan JCH Kota Tegal Serahkan Koper Haji Kantor Kementerian Agama Kota Tegal - 16 Juli 2019

324 Siswa Baru MTsN Kota Tegal Antusias Ikuti Matsama Kantor Kementerian Agama Kota Tegal - 16 Juli 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial