Berita

Halaman Berita

295 Kepala Madrasah Ikuti Penilaian

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak - 14 Januari 2020

* kepala Kankemenag Kab. Demak H. Muhaimin di dampingi ketua Pokjawas H. Muzazin memberikan pengarahan pada acara penilaian kepala madrasah di aula MTs Samailul Huda Mlaten Mijen.13-1-2020

Demak - Penilaian Kinerja Kepala Madrasah merupakan suatu proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data tentang kualitas Kepala Madrasah dalam melaksanakan tugas pokoknya sebagai kepala madrasah. Hal tersebut dikemukakan Kepala kantor Kemenag Kab. Demak H. Muhaimin pada acara penilaian Kepala Madrasah se Kabupaten Demak bertempat di MTs Samailul Huda Mlaten Kecamatan Mijen Demak. 13-1-2020.

Lebih lanjut Muhaimin mengatakan, sesuai Peraturan Menteri Agama Nomor 58 Tahun 2017 dijelaskan bahwa penilaian kinerja kepala madrasah meliputi; pengembangan madrasah yang dilakukan selama menjabat sebagai kepala madrasah, kemampuan dalam melaksanaan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, dan supervisi pada guru dan tenaga kependidikan sesuai dengan standar nasional pendidikan jelasnya.

Menurutnya, Penilaian kinerja kepala madrasah harus dilakukan secara berkala setiap tahun dan secara kurnulatif setiap empat tahun. Penilaian kinerja tahunan dilaksanakan oleh pengawas madrasah, sedangkan penilaian kinerja empat tahunan dilaksanakan oleh tim penilai. “ sehingga akan dapat disimpulkan Hasil penilaian kinerja kepala madrasah, yang kemudian dikategorikan dalam tingkatan amat baik, baik, cukup, sedang, atau kurang,” ujar Muhaimin.

Muhaimin menambahkan, proses Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) harus dilalui, karena penilaian ini penting dalam rangka untuk pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data yang dikerjakan oleh kepala madrasah pada setiap indikator pemenuhan standar,  Efektivitas penilaian kinerja ditentukan dengan mengukur keberhasilan dalam mencapai target pada tiap indikator dibandingkan dengan target yang ditetapkan dalam program. “ sehingga semua kepala madrasah mau tidak mau harus memenuhi target yang sudah ditetapkan kalua mau mendapatkan predikat amat baik,” Imbuhnya.

Sedang ketua Pokjawa pada kantor Kemenag kab. Demak H. Muzazin menyampaikan, bahwa Tujuan penilaian kinerja kepala rnadrasah , meliputi ; Menghimpun informasi sebagai dasar untuk pengembangan keprofesian bagi kepala madrasah,  mencari bahan dalam pengambilan keputusan untuk menentukan efektifitas kinerja kepala madrasah, menjamin objektivitas pembinaan kepala madrasah. “ mekanisme tersebut sebagai dasar dalam system peningkatan promosi , karir dan bentuk penghargaan bagi kepala madrasah.” Kata H. MUzazin.

Muzazin menambahkan, penilaian kepala Madrasah tersebut diikuti 295 madrasah diberbagai jenjang terdiri dari; jenjang MI 120, jenjang MTs 110 dan jenjang MA 65, dari penilaian tersebut ada  manfaat yang diperoleh  seperti; Kepala madrasah akan mengetahui kelebihan dan kekurangan, sebagai acuan untuk meningkatkan keprofesiannya,” Tambahnya. (ms/qq)

 

 


Dibaca sebanyak 8 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Bentuk Karakter dan Sikap Peduli Melalui Bakti Sosial Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 21 Januari 2020

Kemenag Pati Ambil Bagian Dalam FGD Wujudkan Satu Data Indonesia Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 21 Januari 2020

SMK Teuku Umar Gelar Festival Islami Tahun 2020 Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 21 Januari 2020

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial