Berita

Halaman Berita

900 Jamaah Calon Haji Klaten Ikuti Bimbingan Manasik Haji

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten - 11 Juni 2019

* Kakankemenag Klaten, Anif Solikhin, memberikan laporan pelaksanaan kegiatan Bimbingan Manasik Haji.

Klaten - Tahapan pelayanan terhadap jemaah calon haji (calhaj) Kabupaten Klaten sudah memasuki tahap akhir. Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten adakan bimbingan manasik haji tingkat Kabupaten, bagi jemaah calon haji tahun 2019 yang diikuti 900 jemaah calhaj yang bertempat di Gedung Al Mabrur komplek RSI Klaten, Selasa (11/6).

Bupati Klaten, Sri Mulyani, menghadiri sekaligus membuka acara pelaksanaan manasik haji tahun 1440 H/2019 M. Dihadapan para calon jemaah haji Bupati Klaten menyampaikan, ibadah haji merupakan ibadah istimewa karena dilakukan di tempat yang mulia dan suci di Mekkah dan Madinah. Dengan ibadah haji harus disyukuri dengan penuh syukur karena ibadah haji merupakan panggilan Allah SWT. Haji merupakan rangkaian ibadah yang panjang dan memerlukan segala persiapan yang baik, diantaranya manasik ini sebagai bentuk pembinanaan bagi calhaj.

"Ikutilah rangkaian bimbingan manasik haji ini dengan sebaik-baiknya, untuk memperlancar semuanya, baik keberangkatan waktu di Arab dan pemulangan sampai di tanah air," tandas Bupati.

Ibadah haji sebagai tamu Allah, maka segala tata cara ibadah dan yang lainnya ada di dalam kegiatan manasik. Sebagai duta bangsa Indonesia dalam mewujudkan karakter bangsa, jemaah haji Indonesia terkenal baik-baiksseluruhnya.

"Bawa diri dengan baik, dengan etos yang sabar, jemaah haji Indonesia paling baik dan teratur, dikedepankan kesabaran sebagai kunci haji mabrur," harap Sri Mulyani.

Selanjutnya Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten, Anif Solikhin, mengatakan tujuan utama dari pembinaan bimbingan manasik haji adalah agar jamaah calon haji siap dalam segala hal.

"Manasik haji memberikan pemahaman yang baik kepada calhaj tentang penyelenggaraan Ibadah haji. Menambah pengetahuan calhaj terutama rukun wajib haji dan terakhir sebagai upaya menumbuh kembangkan sikap yang baik dan komitmen bersama agar penyelenggaraan haji dapat terlaksana dengan baik dan benar," tutur Anif.

Kementerian Agama sebagai leading sector dalam penyelenggaraan ibadah haji dengan membangun kerjasama dalam memberikan layanan masyarakat, sesuai amanah undang-undang hal-hal yang harus diberikan calhaj diantaranya pembinaan pra haji dan pasca haji.

Manasik haji akan digelar selama dua hari 11-12 Juni 2019 dengan menghadirkan narasumber dari Kanwil dan Dinas Kesehatan Klaten. Selanjutnya hari kedua akan dilaksanakan praktek.

Ditambahkan, untuk Klaten sebanyak 900 calhaj yang terbagi dalam 4 kloter (8,9,10,11) yang akan masuk asrama haji Donohudan pada 8 dan 9 Juli 2019.(aj/Sua)


Dibaca sebanyak 70 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


ASN Kemenag Wonosobo Harus Menjadi Alat Negara Mewarnai Kehidupan Beragama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo - 17 September 2019

Dandim 0726 Sukoharjo Ingin Siswa MIN 2 Sukoharjo Mencintai Negaranya Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukoharjo - 17 September 2019

Siswa MIN 2 Kendal Ukir Prestasi di Kejurnas Taekwondo Kapolri Cup 2 di Jakarta Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal - 17 September 2019

Informasi Penting


Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019



Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial