Berita

Halaman Berita

ASN Kemenag Ikuti Gladi Lapang Penanganan Banjir Desa Karangrowo Kabupaten Kudus

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kudus - 16 April 2018

* ASN Kemenag Ikuti Gladi Lapang Penanganan Banjir Desa Karangrowo Kabupaten Kudus

Kudus -  Dalam rangka antisipasi penanganan  banjir di Kabupaten Kudus, LPBI NU ( Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama) pusat dan daerah bekerjasama dengan  BPBD  ( Badan  Penanggulangan Bencana Daerah ) Kabupaten  Kudus dan didukung oleh Pemerintah Australia melalui DFAT (Departemen Of Foreign Affairs and Trade) mengadakan program peningkatan kapasitas pemerintah dan masyarakat dalam kesiapsiagaan bencana menuju tanggap darurat yang cepat tepat dan efektif,  BPBD kabupaten Kudus  mengadakan geladi lapangan penanganan banjir  di desa Karangrowo Kecamatan Undaan. Kegiatan ini untuk mendorong sistem dan mekanisme yang efektif dalam menghadapi keadaan darurat bencana  di Kabupaten Kudus. Sedangkan tujuan kegiatan adalah untuk meningkatkan ketrampilan dan pemahaman masyarakat dalam menghadapi situasi darurat bencana banjir.  12/ 4

Kegiatan ini merupakan lanjutan program pendampingan LPBI NU selama 2 tahun di Kabupaten Kudus yang menghasilkan beberapa dokumen penting yaitu : Kajian risiko kabupaten; Mekanisme penanganan darurat bencana; SOP peringatan dini banjir; SOP kedaruratan bencana tingkat kabupaten dan rencana kontijeni banjir desa karangrowo kecamatan undaan kabupaten kudus.

Berdasarkan pada kajian risiko bencana, desa Karangrowo merupakan desa rawan bencana banjir, sebagai catatan tahun 2014 desa ini pernah mengalami banjir besar yang yang mengakibatkan terputusnya jalur dan menjadikan desa karangrowo terisolir.  

Kegiatan geladi lapang diikuti  sebanyak  40 orang  melibatkan relawan, PMI, Pramuka, OPD, Polres, Kodim dan komponen tingkat Kabupaten serta perangkat desa dan masyarakat desa karang rowo kecamatan undaan. Simulasi latihan geladi lapang  menggunakan dua media yaitu telekomonikasi dan media kertas dengan kode Injeck diantaranyaa BMKG,BBWS ,Purdalops BPBD, Polres, OPD, Ormas, dunia usaha dan perangkat desa. Kementerian Agama masuk dalam level OPD di bawah Pusdalop BPBD dengan ujung tombak penyuluh agama di tiap wilayah terdampak.

Kasi Kewaspadaan Bencana Alam BPBD Kabupaten Kudus Atok Darmo Broto pada kesempatan tersebut mengatakan  sebelum  dilaksanakan geladi lapang ini  2 hari sebelumnya (tanggal  10 s/d 11 April 2018) peserta telah mengikuti geladi posko dan geladi ruang yang dilaksanakan di Kantor BPBD Kabupaten Kudus. Dikatakan dengan adanya geladi lapang ini dimaksudkan agar semua komponen yang ada di Kabupten Kudus siap membantu dalam penanganan bencana  dan ada peningkatan ketrampilan serta pemahaman para pihak dalam menghadapi situasi darurat bencana. Selain itu tersedianya informasi terkait pembagian  peran antar aktor dan kebutuhan sumber daya yang dibutuhkan .

Penyebar luasan informasi  bencana banjir ke  masyarakat melibatkan semua OPD termasuk melibatkan Kantor Kementerian Agama dengan melalui  jejaringnya  di tingkat desa yaitu melalui penyuluh agama yang ada di desa. Dengan harapan masyarakat  di tingkat bawah terutama masyarakat yang terdampak mendapatkan informasi  peringatan dini dan apabila  terjadi bencana, maka semua bisa mempersiapkan  sejak awal sehingga tidak ada korban .

Hadir Direktur Tanggap Darurat PP LPBI NU  Pusat, M.Wahib Emha saat acara pembukaan geladi lapang penanganan  banjir di desa Karangrowo mengatakan bahwa pentingnya penguatan kapasitas kepada masyarakat karena jika terjadi bencana yang paling pertama terkena dampaknya adalah masyarakat. Oleh karena itu program LPBI NU selalu mengkaitkan antara pemerintah dan masyarakat. Pelaksanan geladi lapang dilaksanakan untuk menguji beberapa program dan kegiatan yang selama ini dilaksanakan di Kabupaten Kudus. LPBI NU telah mendampingi dalam penyusunan SOP, Kedaruratan Bencana, SOP Peringatan Dini dan Renkon banjir tingkat desa serta memberikan perlengkapan sistem peringatan dini sesuai kebutuhan. “ Semoga semua ini tidak digunakan karena tidak ada bencana, namun jika terjadi bencana masyarakat sudah siap menghadapi .” tuturnya.

Hadir pula Pelaksana Harian BPBD Provinsi Jawa Tengah, Sarwa Pramana dalam sambutanya yang dibacakan oleh Jamiin dari Kantor BPBD Kudus  mengatakan dengan adanya kegiatan ini adalah 1) untuk menguji sistem peringatan dini bencana banjir dan mekanisme evakuasi mandiri masyarakat di lapangan 2) menguji mekanisme penetapan status tanggap dan sistem komando tanggap darurat yang melibatkan multipihak baik di tingkat desa, kabupaten dan provinsi 3) menguji dan memvalidasi koordinasi, komando dan kontrol antara lembaga dan organisasi serta memperkuat mekanisme kerjasama dan koordinasi bantuan tanggap darurat yang efektif antara 3 pilar dalam penanggulangan bencana yaitu masyarakat, pemerintah dan dunia usaha.

Selanjutnya Camat Undaan Rinardi Budiyanto dalam sambutanya mengatakan  atas nama jajaran muspika mengucapkan terimakasih atas diberikanya sosialisasi dan edukasi kepaada warganya tentang upaya upaya dalam menghadapi bencana di daerahnya. Penanggulangan bencana adalah tugas bersama antara pemerintah dan masyarakat. Dan pabila  upaya upaya tersebut sudah tertangani  oleh pemerintah  maka secara management   akan bisa mengurangi resiko bencana . (St.Zul/bd)


Dibaca sebanyak 16 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Kemenag Persiapan Peserta Karya Ilmiah Tingkat Jawa Tengah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang - 27 April 2018

Pembangunan KUA Dayeuhluhur Melalui Dana SBSN Sudah Siap Lelang Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap - 27 April 2018

KUA agar Tingkatkan Pelayanan Publik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang - 27 April 2018

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial