Berita

Halaman Berita

ASN Kemenag Wonosobo Harus Menjadi Alat Negara Mewarnai Kehidupan Beragama

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo - 17 September 2019

* ASN yang bermoderasi beragama

Wonosobo - Sebanyak 69 ASN dan 15 penyuluh agama di lingkungan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Wonosobo mengikuti Pembinaan Pegawai Lingkungan Kantor Kemenag Wonosobo Triwulan ke 3 Tahun 2019 di aula kantor Kemenag setempat, Senin (16/09/2019).

Dihadapan puluhan ASN dan penyuluh agama, Kepala Kantor Kemenag Wonosobo, M. Thobiq mengungkapkan, pembentukan Kementerian Agama merupakan peristiwa penting dan bersejarah bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai negara religius yang nasionalis. Untuk itu, ASN Kemenag harus lebih religius dibandingkan ASN lain.

"Sesuai pesan Menag Lukman Hakim, sebagai ASN yang merupakan alat negara, ASN Kemenag harus bisa mewarnai negara Indonesia ini dengan nuansa Agama. Pasalnya, kantor agama di dunia itu hanya ada satu yaitu di negara Indonesia," jelasnya.

Sebagai bangsa yang majemuk, katanya, agama menjadi unsur perekat integrasi nasional. Oleh karena itu, ASN di lingkungan Kantor Kemenag harus bisa menjadi alat negara dalam mendukung Indonesia menjadi negara yang religius. Selain itu juga, kedepan ASN diharapkan akan semakin memperkuat komitmen bersama terhadap integritas dan etos kerja sebagai pelayan masyarakat dan pengayom semua umat beragama.

"Selain itu, ASN yang berada di lingkup Kemenag harus tahu tentang moderasi beragama ini merupakan kewajiban kita. kitalah yang harus berperan penting dalam mengaplikasikannya ke kehidupan nyata," bebernya.

Tujuan dari kampanye moderasi beragama, menurutnya, adalah untuk menciptakan kedamaian di tengah-tengah kehidupan antar umat beragama, melalui pemahaman-pemahaman nilai-nilai keagamaan yang baik, sehingga dapat menjadi pegangan menjaga kesetabilan kerukunan di Wonosobo pada khususnya.

Moderasi beragama jelas M. Thobiq, adalah cara menjalankan agama secara moderat, tidak ekstrim. Oleh karena itu, tugas dari ASN Kemenag harus menerapkan secara moderat kehidupan beragama agar bisa menjadi contoh bagi masyarakat.

"Cara beragama yang damai, toleran dan menghargai perbedaan, baik perbedaan internal maupun perbedaan eksternal dengan penganut agama lain. Pengaplikasian hidup seperti ini yang kami harapkan dari para ASN dalam bentuk upaya kampanye moderasi beragama," tuturnya.

Kepala Kantor Kemenag Wonosobo mengatakan, dalam mengayomi umat beragama dan pembinaan umat serta menjalankan agama, posisi dan fungsi Kemenag sangat strategis. Kemenag harus mampu memposisikan diri di tengah-tengah keragaman agama dan penganutnya. Sekaligus menjadi penengah dalam wujud moderasi dari para kelompok ekstrim.

"Sebab harus diketahui, Kemenag sebagai wakil pemerintah dalam mengejawantahkan moderasi beragama, berkepentingan dalam kepentingan keutuhan bangsa yang beragam ini. Sehingga bisa mewujudkan masyarakat Jawa Tengah yang taat beragama, rukun, cerdas dan sejahtera lahir batin dalam rangka mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong," pungkasnya. (PS-WS/qq)


Dibaca sebanyak 32 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Upaya Mewujudkan Madrasah Ramah, MTsN Kota Tegal Gandeng DP2KBP3A Kantor Kementerian Agama Kota Tegal - 18 Oktober 2019


Mewadahi Aspirasi Guru PAI, DPD AGPAII Dilantik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 18 Oktober 2019

Informasi Penting


Surat Edaran Gerakan Roan Akbar Administrator - 06 Oktober 2019

Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019


Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial