Berita

Halaman Berita

Atasi Kejenuhan, Bimwin dikemas dengan Praktik Diskusi

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang - 14 Juni 2019

* Sesi diskusi Bimwin yang diadakan pada Rabu-Kamis (12-13/6/2019) di aula Kemenag Rembang.

Rembang – Pasangan calon pengantin diimbau untuk mempunyai dasar agama yang kuat. Karena dengan dasar ini, pasangan pasangan pengantin akan bisa menjalani kehidupan rumah tangga secara sakinah, mawaddah, wa rahmah.

Demikian dikemukakan oleh Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang, Atho’illah dalam kegiatan Kegiatan Bimbingan perkawinan yang diadakan pada Rabu-Kamis (12-13/6/2019) di Aula Kankemenag Kabupaten Rembang. Kegiatan ini diikuti oleh 25 pasang calon pengantin.

Kegiatan dibuka secara langsung oleh Kakankemenag. Dalam sambutan pembukannya, Atho’illah menyampaikan beberapa pesan kepada calon pengantin. Pesan pertama yaitu, meniatkan nikah untuk beribadah kepada Allah SWT. Menurutnya, segala sesuatu yang diniati ibadah, maka akan menjadi berkah.

“Menikahlah karena Allah. Jalani pernikahan sesuai dengan tuntunan Allah dan Rasul-Nya. Insya Allah akan diberi kemudahan dalam segala urusan rumah tangga,” kata Atho’illah.

Pesan kedua yaitu, pasangan calon pengantin agar mempunyai dasar agama yang kuat. Karena pengetahuan agama menjadi pondasi menjalankan bahtera rumah tangga. Oleh karenanya, pasangan catin pun diminta untuk tidak berhenti belajar.

Binwin ini menghadirkan beberapa narasumber , yaitu Kasi Bimas Islam, Moh. Muchson, Penghulu Ali Akhyar, Gara Syariah Ali Muchyidin, dan Kepala Puskesmas Kecamatan Kaliori, dr. Susan.

Kasi Bimas Islam, Moh. Muchson mengatakan, Binwin ini dikemas dengan praktik yang melibatkan keaktifan peserta. Sebagai contoh, sesi diskusi tentang permasalahan rumah tangga, baik secara kelompok maupun diskusi pasangan suami istri. Menurut Muchson, Hal ini bertujuan agar peserta tidak mengalami kejenuhan. “Mengingat acara berlangsung selama dua hari, sehingga acara ini dikemas lebih banyak diskusi dan praktik agar peserta lebih merasa enjoy,” katanya.

Salah satu peserta kegiatan, Aris Budiono mengaku menikmati kegiatan ini. Menurutnya, acara dikemas dengan menarik, sehingga peserta betah untuk mengikuti acara hingga selesai. “Metode yang digunakan selama pelatihan sangat berguna dan bermanfaat bagi kami, baik sebelum maupun setelah menikah. Kegiatan ini sangat bagus untuk mengurangi angka perceraian,” ungkap Aris. -- (iq/gt)


Dibaca sebanyak 75 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


LITERASI CARA MENAMBAH WAWASAN DAN PENGETAHUAN SISWA Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak - 15 Oktober 2019

Pencegahan Narkoba Wujud Kepedulian terhadap Anak Bangsa Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 14 Oktober 2019

Lebih dari 500 Guru MTs Swasta Ikuti Pembinaan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 14 Oktober 2019

Informasi Penting


Surat Edaran Gerakan Roan Akbar Administrator - 06 Oktober 2019

Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019


Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial