Berita

Halaman Berita

Aula Kemenag Kab Brebes menjadi tempat pelaksanaan Program Indonesia Taqwa

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes - 08 November 2019

* Kepala Kemenag Kab. Brebes memberikan pemaparan terkait kegiatan Program Taqwa

Brebes - Maulid Nabi atau Maulud, adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW, pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah atau jatuh pada tanggal 9 November 2019 dalam kalender Masehi. Kata maulid atau milad dalam bahasa Arab berarti hari lahir. Perayaan Maulid Nabi merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad SAW wafat. Secara subtansi, peringatan ini adalah ekspresi kegembiraan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad.

Kegiatan yang dikoordinir oleh Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kankemenag Kab Brebes, kali ini mengusung judul, “Dengan Maulid Nabi Muhammad Saw, kita tingkatkan etos kerja”. Bertempat diaula Kakemenag Kab. Brebes, acara dimulai pukul 08.00 WIB pada 8 November 2019 dengan dihadiri oleh segenap pegawai kakemenag kab. Brebes.

Acara diawali dengan bacaan berjanji yang dilantunkan oleh sebagian besar  jamaah yang hadir. Dilanjutkan sambutan singkat oleh Kakemenag Kab Brebes, H. Mahrus, MpdI. Dengan mengucapkan salam kepada para jamaah, Mahrus menjelaskan kepada para jamaah maksud dari dilaksanakan kegiatan ini selain sebagai memperingati maulid nabi.

“Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian rutin pembinaan para pegawai yang telah diagendakan. Seperti misalnya pada minggu pertama ada tadarus alquran, diminggu kedua ada senam, minggu ketiga ada acara pembinaan, dan minggu keempat ada kegiatan jalan santai. Namun pada prakteknya di lapangan, yang banyak dilakukan adalah senam” begitu ucap Mahrus yang pada kesempatan ini menggunakan baju koko panjang warna coklat.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan tausyiah dari KH. Hudallah Karim Tanjung dari Ponpes Al-Buchori, Tanjung. Dalam ceramahnya, beliau menekankan kepada para jamah untuk meneladani sifat Rasullullah saw, terutama dalam hal kepemimpinan. Dalam Q.S. Yasin ayat 21 akan terlihat sifat-sifat pemimpin yang baik. Salah satu contohnya yaitu, “pemimpin yang tidak meminta upah”. Maksudnya adalah karena mereka hanya berharap bayaran dari Allah SWT.

Selain itu, pemimpin juga harus berbuat adil. “Nah ini yang kebanyakan para pejabat lupa diri”, ujarnya sambil berkelakar.

 Untuk menjadi pemimpin yang adil, terdapat beberapa syarat mutlak. Yaitu 1). Mudah memafkan kesalahan umat/bawahan, 2). Jangan membuat keputusan yang dapat menyengsarakan kaum, 3). Pemimpin tidak memiliki hak apa-apa terhadap kaumnya, namun sebaliknya, seorang pemimpin mesti menyerahkan semua kepada kaumnya”

Diakhir kegiatan, Hudallah mengakhiri dengan berdoa bersama. (Dewi Armyasih/kontributor/Brebes)

 

 


Dibaca sebanyak 31 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Kali ke-3 Kafilah Kab. Pati Pertahankan Juara Umum MTQ Pelajar Tingkat Provinsi Jawa Tengah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 20 November 2019

KKM 1 MI Kota Semarang Raih Juara I Tenis Meja HAB Kemenag Tingkat Kota Semarang Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 20 November 2019

KKRA Dituntut Bisa Membawa RA Lebih Baik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak - 20 November 2019

Informasi Penting


Penetapan Peserta Terbaik MTQ Pelajar XXXIV 2019 Administrator - 20 November 2019

Rekrutmen Penyuluh Agama Buddha Non PNS 2020 Administrator - 20 November 2019

Materi Rakor PBJ Hotel Grasia Semarang Administrator - 18 November 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial