Berita

Halaman Berita

Belajar Demokrasi Lewat Pemilihan Ketua OSIS

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 19 September 2019

* MA Walisongo Pati melaksanakan pemilihan Osis dengan tema Pedesaan.

Pati - Madrasah Aliyah (MA) Walisongo Kayen Pati sukses menggelar pemilihan OSIS baru masa bakti 2019/2020, Kamis (19/9/2019). Semua siswa menggunakan hak pilihnya untuk memilih dua pasangan calon ketua dan wakil ketua OSIS yang sudah lolos seleksi.

Kepala MA Walisongo, Sunoto mengatakan, kegiatan pemilihan ketua OSIS yang dilaksanakan MA Walisongo sebagai miniatur untuk menciptakan demokrasi di lingkungan pendidikan.

“Paling tidak dengan adanya pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS, siswa sudah mengerti kenapa kita harus memilih pemimpin, dan tidak gampang melakukannya saat sudah waktunya memilih maupun dipilih,” ujarnya.

Menurut dia, cara seperti itu efektif menjadi ajang pembelajaran demokratisasi sejak dini kepada para pelajar yang nantinya terjun ke masyarakat. Melalui kegiatan itu, secara tidak langsung sekolah dapat menerapkan cara berdemokrasi kepada para siswa dengan memilih pasangan ketua dan wakil ketua OSIS. Dalam pemilihan tersebut yang mendapatkan hak pilih adalah para siswa, pengurus OSIS periode sebelumnya, para staf sekolah, guru hingga kepala sekolah. Calon pasangan ketua dan wakil ketua OSIS.

“Kegiatan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS merupakan program kerja sekolah dan OSIS. Tujuannya untuk memilih ketua dan wakil ketua OSIS baru, memupuk persatuan dan kesatuan antar keluarga MA Walisongo serta meningkatkan solidaritas antar siswa dan yang paling penting menerapkan siswa secara dini demokrasi yang jujur dan adil,” jelasnya.

Dirinya pun menambahkan, dalam pelaksanaan pemilihan ini telah melalui tahapan penjaringan pasangan calon ketua dan wakil ketua OSIS dilaksanakan satu bulan sebelum pelaksanaan pemilihan setiap kelas mengajukan calon.

Di tahun yang akan datang mereka akan menjadi pemilih muda untuk pemilu-pemilu se­perti kepala daerah maupun presiden. Untuk itu perlu dikenalkan bagaimana iklim demo­krasi sejak dini pada mereka, agar da­pat meng­gunakan hak suara dengan bijak nan­tinya,” pungkasnya.

Kegiatan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS di MA Walisongo ini lebih unik dan menarik dengan mengambil tema pedesaan mulai dari penataan tempat, pakaian dan lain-lain. (Am)


Dibaca sebanyak 138 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Upaya Mewujudkan Madrasah Ramah, MTsN Kota Tegal Gandeng DP2KBP3A Kantor Kementerian Agama Kota Tegal - 18 Oktober 2019


Mewadahi Aspirasi Guru PAI, DPD AGPAII Dilantik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 18 Oktober 2019

Informasi Penting


Surat Edaran Gerakan Roan Akbar Administrator - 06 Oktober 2019

Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019


Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial