Berita

Halaman Berita

Berita Banjir Adalah Hoax, PPIH Arab Saudi Pastikan Kondisi di Mina Aman

Oleh Bidang PHU - 14 Agustus 2019

* Ahmadi selaku Sekretaris Sektor 10 Makkah PPIH Arab Saudi saat memberikan keterangan terkait beberapa berita haji yang viral

Makkah (PHU) – Banyak beredarnya beberapa video yang mengabarkan bahwa pada Senin (12/08) kemarin terjadi hujan es di wilayah Makkah dan sekitarnya serta banjir di wilayah Mina. Disampaikan oleh Sekretaris Sektor 10 Makkah, Ahmadi bahwa beberapa berita viral yang tersebar sampai ke tanah air terkait dengan situasi di tanah suci saat hujan pada hari Senin tersebut dibantah dengan tegas bahwa berita tersebut adalah hoax dan dianggapnya terlalu berlebihan.

“Memang benar Senin kemarin hujan, tetapi yang terjadi sebenarnya disini tidak seperti yang dihebohkan di media sosial,” kata Ahmadi, Rabu (14/08).

“Ya seperti hujan biasa di Jawa, tapi karena hujannya disini jadi berasa lebih istimewa,” dijawabnya sambil tersenyum saat diwawancara melalui videocall.

Disampaikan Ahmadi bahwa memang benar saat hujan kemarin membuat beberapa karpet di tenda Mina menjadi basah, tetapi tidak sampai menyebabkan seluruh jemaah berhamburan keluar dari tendanya.

“Keluarga jemaah haji di tanah air tidak perlu resah terhadap beberapa pemberitaan yang telah beredar, untuk memastikan kebenaran berita terkait dengan kondisi jemaah haji di tanah suci ataupun pemberitaan lainnya perihal penyelenggaraan ibadah haji, agar dapat mengakses segala informasi melalui website resmi Kementerian Agama atau dapat langsung menghubungi pihak Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota maupun Kanwil Provinsi,” imbuhnya.

Sementara itu, Saiful salah satu PPIH Arab Saudi yang juga berada di lokasi saat hujan turun membenarkan bahwa kondisi beberapa tenda di Mina saat hujan kemarin masih dianggap wajar dan kondusif.

“Betul, saat hujan kemarin ada beberapa maktab yang listriknya dimatikan. Ini untuk menghindari korsleting listrik akibat genangan air,” kata Saiful, Selasa (13/08) saat melaporkan melalui sambungan telepon.

“Tapi air hanya menggenang sebentar dibeberapa titik lokasi tenda Mina dan nggak sampai 1 jam air sudah surut,” tambahnya.

Saiful juga menceritakan bahwa pada saat hujan turun kemarin, baik PPIH maupun Petugas Haji yang lainnya langsung melakukan antisipasi dengan sigap berada di tenda jamaah. Salah satunya berkoordinasi dengan pengurus maktab untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. (vd/hms).


Dibaca sebanyak 168 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Upacara HUT RI ke-74, Kakankemenag Pati Paparkan Kriteria SDM Unggul Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 17 Agustus 2019


Fajar Energi Baru Kemenag Jateng Subbag Inmas 08 - 16 Agustus 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial