Berita

Halaman Berita

Bimas Islam Surakarta Loloskan 33 Pendaftar Ikuti Tes PAI Non-PNS 2020-2024

Oleh Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta - 02 Desember 2019

* Kasi Bimas Islam Kemenag Kota Surakarta, HM. Nasiruddin, disela-sela acara Bimbingan Remaja Pranikah di Hotel Grand Sae, Agustus kemarin. (Foto : Abdus Sholeh)

Surakarta - Panitia seleksi rekruitmen Penyuluh Agama Islam Non PNS masa bakti 2020 – 2024 Kementerian Agama Kota Surakarta meloloskan 33 pendaftar yang memenuhi syarat dari 44 peserta yang mendaftar di Seksi Bimas Islam pada Rabu (27/11) kemarin. Kesebelas pendaftar yang tidak memenuhi syarat tersebut dikarenakan tidak ber-KTP Kota Surakarta dan berijazah MA/sederajat bagi pendaftar baru.

Kasi Bimas Islam Kemenag Kota Srakarta, HM. Nasiruddin, menjelaskan bahwa dalam Peraturan Dirjen (perdirjen) nomor 927 tahun 2019 bisa dipahami dengan cermat terkait persyaratan terutama pada point keempat. “Manakala pendaftar S1 sudah terpenuhi, maka pendaftar MA/sederajat gugur dan tidak ikut tes dengan sendirinya. Monggo perdirjen ini di sikapi dengan baik ,” ujarnya melalui WA.

Lebih lanjut, Pak Nas akrab disapa, menjelaskan, “Pendidikan S1 keagamaan sederajat sama dengan satuan pendidikan yang di sejajarkan (mua'adalah)  dengan perguruan tinggi mulai dari kurikulumnya sejajar dengan perguruan tinggi S 1, lembaganya bisa berupa Ma'had Aly  yang dikelola oleh Pondok Pesantren seperti; Pesantren Tebuireng Jombang,  Pesantren Al Anwar Sarang dan lainnya”.

Rekrutmen kali ini, menurut Pak Nas, untuk memenuhi 15 kuota Penyuluh Agama Islam Non-PNS Kota Surakarta masa bakti 2017 – 2019 yang tidak lolos passing grade kinerja pada waktu diadakan evaluasi dengan nilai minimal 56 poin.

Oleh karena itu, kata Pak Nas, bagi peserta yang memenuhi syarat bisa mengambil kartu ujian di kantor Bimas Islam pada Kamis (05/12) pada jam kerja. Sedangkan ujian tertulis, wawancara dan praktek akan diadakan di Aula Kemenag Kota Surakarta pada Ahad (08/12) mendatang. 

Berkaitan dengan penyuluh yang tidak lolos seleksi, Pak Nas berharap nantinya masih tetap berdakwah seperti biasanya. “Kami berharap, seandainya nanti tidak masuk PAI non-PNS 2020 - 2024, penyuluh-penyuluh itu  tetap berjuang dan berdakwah islamiyah di wilayah-nya masing-masing seperti biasanya,” pungkasnya. (sol-my/bd)


Dibaca sebanyak 159 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Kankemenag Banjarnegara Gali Inspirasi Pengelolaan ke LAZ Al Ihsan Semarang Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara - 06 Desember 2019

Purnabakti Sebagai PNS Awal Pengabdian Untuk Masyarakat Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 06 Desember 2019

Kasubbag Pati Evaluasi Tupoksi Kinerja Staf Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 06 Desember 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial