Berita

Halaman Berita

Binwin/Suscatin Implementasi Kemenag Kurangi Perceraian

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan - 18 Juni 2019

* Kegiatan Binwin/ Suscatin di KUA Kecamatan diikuti oleh sejumlah pasangan calon pengantin Senin (17/6)

Kab. Pekalongan- Bimbingan perkawinan (Binwin) atau sering juga disebut Kursus calon pengantin (Suscatin) adalah merupakan salah satu program yang terus digiatkan pada jajaran Kemenag Pekalongan melalui KUA-KUA yang ada di Kabupaten Pekalongan. Hal ini disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan, H. Kasiman Mahmud Desky, ketika membuka kegiatan bimbingan perkawinan di KUA Kecamatan pada hari senin (17/6) diikuti oleh 30 pasang calon pengantin.

Dalam laporannya Kasi Bimas Islam, H.Irham mejelaskan; “Binwin merupakan program Kemenag RI yang dibiayai dari APBN dan PNBP-NR”. Pelaksanaan Binwin berdasar Keputusan Dirjen Bimais Nomor : 373/2017, tentang Petunjuk Teknis Bimbingan Perkawinan Bagi calon Pengantin, dan ini dilaksanakan secara nasional di seluruh Indonesia.

Melalui Binwin, pemerintah berikhtiyar untuk memberikan bimbingan perkawinan setelah melihat tingginya tingkat perceraian yang terjadi di masyarakat. Selain Binwin juga Sus-Catin di KUA menjadi salah satu solusi memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya mereka memahami pondasi kokoh dan penting keluarga dalam mewujudkan keluarga sakinah yang secara hakekat menjadi tujuan pernikahan “membentuk rumah tangga sakinah, mawaddah warohmah”.

Sementara Subbag TU Kankemenag H. Muqodam dalam sambutannya saat membuka kegiatan menyampaikan; pentingnya Calon pengantin untuk mengikuti kegiatan penting ini. Untuk mewujudkan rumah tangga sakinah, mawaddah dan rahmah diperlukan kedua calon pasangan untuk memperkokoh keimanan dan meningkatkan ilmu pengetahuannya. Kekuatan iman dan ilmu yang cukup dipandang mampu mewujudkan cita-cita mulia adanya pernikahan.

Harapannya pula, disaat terjadinya aqdun nikah antara calon suami dan calon istri maka disanalah keduanya dituntut menjaga amanah. Dalam menjalankan rumah tangganya bukan berarti akan selalu mulus dan lurus yang tanpa masalah dalam mengarungi kehidupannya. Namun dapat dipastikan adanya hal-hal yang tidak diinginkannya akan melintas dalam rumah tangganya. Maka melalui binwin ini semua akan mengetahui bahwa “Perkara halal yang paling dibenci Allah Swt. adalah Thalaq” Beliau menyampaikan hadis nabi Saw. dengan maksud memberikan pemahaman kepada para peserta bahwa kehidupan hakiki yang ingin kita capai adanya kesepahaman antara suami-istri sehingga saling menjaga dan menjalankan sesuai hak dan kewajibannya masing-masing.

Tingkatkan hubungan baik dengan Allah dan Makhluq-Nya “Hablun minallah wa hablun minannas” dengan senantiasa menjaga ketaatan kita kepada Allah Swt, kepada utusan-Nya dan kepada Pemerintah di anatara kita. Selanjutnya Kasubag meminta para peserta untuk mengikuti acara Binwin ini dengan baik karena kegiatan ini bisa mematengkan fisik dan mental. Di sinilah peran strategis kemenag untuk membina keluarga sakinah. Karena untuk membangun Bangsa yang besar dan baik harus dimulai dari masyarakat kecil yang salah satunya dimulai dari membangun keluarga kecil ini, tandasnya.

Sebagai pemateri pertama H. Muqodam menjabarkan dengan jelas dan tuntas terkait pentingnya Calon pengantin memahami hal-hal terkait pernikahan, yang diikuti dengan penuh antusias para peserta. (hfrn/bd)


Dibaca sebanyak 42 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


353 Peserta Ikuti MTQ Pelajar & Umum Tingkat Kabupaten Pekalongan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan - 27 Juli 2019

9 Rombongan JCH Kota Tegal Serahkan Koper Haji Kantor Kementerian Agama Kota Tegal - 16 Juli 2019

324 Siswa Baru MTsN Kota Tegal Antusias Ikuti Matsama Kantor Kementerian Agama Kota Tegal - 16 Juli 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial