Berita

Halaman Berita

Budaya Belajar dan Tadarus Al Quran bagi Guru di Bulan Ramadan

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara - 24 Mei 2019

* Pengawas Pagedongan, Anwar Masruro sampaikan pembinaan dan motivasi sebelum kegiatan Tadarus Al Quran

Banjarnegara – “Al Quran bukan hanya pedoman hidup bagi orang Islam namun juga bagi umat manusia secara universal begitu pentingnya Al Quran bagi kehidupan maka sebagai guru hendaklah membaca, memahami, dan outputnya adalah memberi manfaat bagi diri, murid, keluarga, masyarakat dan lingkungannya, “ demikian disampaikan Anwar Masruro Pengawas RA/MI Kecamatan Pagedongan dan Kalibening mengawali kegiatan Tadarus Kepala dan Guru RA/MI se-Kecamatan Pagedongan.

Kegiatan yang dilaksanakan Senin dan Kamis, 13 & 16 Mei 2019 melibatkan 126 guru/Kepala Madrasah mengambil tempat Masjid Al Huda Pagedongan. Kegiatan dilaksanakan Pukul 10:00 – 11.30 WIB.

Allah ta'ala menurunkan al Quran pada tangal 17 Ramadhan atau lazim disebut Nuzul al Quran sebagai muslim sangatlah bagus pada bulan Ramadhan tadarus  membaca al Quran 30 juz minimal satu kali khatam dalam sebulan, terangnya.

Mempelajari al Quran memerlukan banyak disiplin ilmu agar mencapai hasil yang maksimal apa lagi untuk menjadi seorang dai, haruslah belajar di pesantren/lembaga pendidikan islam minimal selama 17 tahun atau setara dengan pendidikan bagi guru tingkat dasar SD/MI.

“Syarat menjadi guru SD/MI minimal wajib belajar 17 tahun dimulai dari SD 6 tahun, SMTP 3 tahun, SMTA 3 tahun, dan kuliah 5 tahun begitu pula untuk menjadi dai yang kompeten minimal juga harus belajar 17 tahun apalagi sumber ilmu islam adalah bahasa asing (Arab) sehingga diperlukan ekstra kesungguhan dalam menuntut ilmu, “ paparnya.

Belajar ilmu agama islam tidak cukup melalui referensi bacaan atau internet namun haruslah melalui seorang guru yang keilmuannya memiliki sanad atau bersambung sampai kepada Rasulullah saw. “Seorang yang belajar tanpa seorang guru atau murabi/pembimbing maka sangatlah rentan untuk tersesat, “ tegasnya.

Anwar Masruro berharap mengharap kegiatan tadarus berlanjut di Madrasah/RA berlanjut di keseharian baik di RA/MI, kelauarga maupun di lingkungan masyarakat, (AM/Nangim/rf)


Dibaca sebanyak 130 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


MAN 2 Pati Lahirkan Dalang Remaja Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 25 Juni 2019

Kemenag Pati Sudah Laksanakan Bimbingan Manasik Haji Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 25 Juni 2019

Penyuluh Tidak Cukup Hanya Dakwah Dengan Lesan, Tapi Juga Dengan Karya Tulis Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta - 25 Juni 2019

Informasi Penting


Undangan Penyerahan SK CPNS Tahap III Subbag Inmas 01 - 14 Juni 2019


Undangan Penyerahan SK CPNS Tahap II Subbag Inmas 01 - 27 Mei 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial