Berita

Halaman Berita

Bupati Demak Kukuhkan FKUB

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak - 30 Juli 2020

* Setelah dikukuhkan pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama ( FKUB ) bersama Bupati Demak HM. Natsir foto bersama di depan pendopo Kab. Demak.30-7-2020.

Demak - Bupati HM. Natsir mengkukuhkan Dewan Penasehan dan Pengurus Harian Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) periode 2020-2025, pengukuhan ini berdasarkan SK Bupati Demak nomor 457/145 tahun 2020  tentang  Pembentukan Forum Kerukunan Umat Beragama Dan Dewan Penasehat Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Demak Periode Tahun 2020-2035, pengukuhan dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Demak.30-7-2020

Untuk  kepengurusan FKUB Kab. Demak periode 2020 – 2025  ditetapkan sebagai Ketua FKUB Drs.H. Abdullah Syifa’, ketua Dewan Penasehat Wakil Bupati Demak Joko Sutanto, sedang kepengurusan FKUB ini terdiri dari unsur tokoh agama, Perwakilan dari NU, Muhammadiyah, LDII, Kementerian Agama, dan Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

Dalam sambutannya Bupati HM. Natsir mengatakan kepengurusan FKUB yang baru ini harus dapat melanjutkan eksistensi dan terus berkontribusi dalam menjaga kemanan dan kerukunan antar umat beragama. “Semoga kepengurusan yang baru ini dapat berkontribusi dalam menjaga keamanan dan kerukunan umat beragama,” kata Bupati.

Menurut Natsir, FKUB adalah Forum silaturrahim, dengan silaturrohim akan dapat menyelesaikan berbagai persoalan, dalam hal ini persoalah kerukunan umat beragama. “Untuk itu perbanyak silaturrohim dengan para tokoh agama yang ada di Demak, diharapkan  dapat dijadikan pemersatu perbedaan dan kebhinekaan.” katanya.

Bupati Demak Natsir berharap, FKUB bukan hanya hadir saat ada permasalahan agama, tapi juga dapat menebar nilai-nilai kebaikan dan kebajikan, walaupun saat ini masih dalam situasi pandemi covid-19, kegiatan FKUB tetap berjalan. “ Jangan gara-gara covid-19 program FKUB jadi berhenti,” harapnya.

Natsir juga minta FKUB untuk bisa membantu pemerintah dalam hal penanganan pencegahan penyebaran covid-19, penanganan ini tentu dengan caranya masing-masing. Maka melalui forum kerukunan umat beragama lewat para tokoh agama yang ada bisa untuk menyampaikan kepada umat dan jemaatnya.

Sementara Ketua FKUB Kab. Demak Abdullah Syifa’ mengatakan,  pembentukan FKUB ini merupakan tindak lanjut dari peraturan bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 dan 8 Tahun 2006 tentang pedoman pelaksanaan tugas pedoman Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah dalam tugas memelihara kerukunan umat beragama yang difasilitasi Kesbangpolinmas Kab. Demak.

“FKUB akan selalu  berkoordinasi dengan Kementerian Agama , Polres, Kodim,  dan pihak-pihak terkai , ini semua dilakukan dalam menjaga kerukunan umat beragama,” ucap Abdullah Syifa’.

Abdullah Syifa’ mengatakan, sesuai amanah yang diberikan  FKUB melalui peraturan bersama Menteri nomor 9 dan 8 Tahun 2006, FKUB akan menjalankan tugas dan kewenangan sesuai  ketentuan yang ada. Untuk di Demak permasalahan  kerukunan  sangat kondusif. Jelasnya.

"Dalam hal penerbitan Rekomendasi Ijin Mendirikan Rumah Ibadah,  FKUB Kab. Demak sudah menerbitkan 61 Rekomendasi untuk Masjid dan 2 Rekomendasi untuk Gereja, dan FKUB terus akan selalu melayani masyarakat khusunya dalam hal kerukunan umat beragama,” imbuhnya. (ms/qq)

 

 

 


Dibaca sebanyak 28 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Kemenag Siapkan Regulasi Umrah di Masa Pandemi Subbag Inmas 04 - 24 September 2020

Bupati Purbalingga Serahkan Hak Pakai Gedung eks Pengadilan Agama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 24 September 2020

Maksimalkan Keikutsertaan KSM Online Nasional Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang - 24 September 2020

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial