Berita

Halaman Berita

Calon Jemaah Haji Purbalingga Lunasi BPIH

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 18 April 2019

* Calon Jemaah Haji (CJH) pada musim haji tahun ini akan semakin mendapat kemudahan dengan adanya sistem zonasi di Tanah Suci.

Purbalingga - Sejumlah 548 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Purbalingga telah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH). BPIH embarkasi Solo tahun ini sebesar Rp 36.429.275,00.Hal tersebut dijelaskan Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga, Ratmono  di kantornya, Senin (15/04/2019).

Ia mengatakan, pelunasan tahap I ditutup pada hari itu (Senin,15/4) pukul 15.00. Sedangkan untuk pelunasan tahap II dilakukan pada 30 April sampai dengan 10 Mei 2019.

“Pelunasan ini untuk calon haji yang mengusulkan penggabungan keberangkatan dengan mahram, usulan lansia dan calon jemaah cadangan,” ungkapnya.

"Ada 2 jemaah yang melakukan pelunasan di hari terakhir ini. Satu orang dari Kecamatan Kaligondang, satunya dari Kecamatan Kalimanah," tambahnya.

Ratmono menjelaskan, jemaah melakukan pelunasan BPIH di bank penerima setoran. Setelah pelunasan mereka akan mendapatkan buku manasik haji dan batik nasional.

Selain itu, biasanya bank penerima setoran BPIH juga akan memberikan tambahan suvenir untuk yang sudah melakukan pelunasan. Bentuk suvenir itu berbeda-beda dari setiap bank, seperti kain ihrom dan payung.

"Jemaah kita kemungkinan akan bertambah karena ada mutasi dari luar daerah yang masuk. Dari Tegal 1 orang, Kebumen 1 orang, Semarang 1 orang dan dari Kolaka Sulawesi Tenggara 2 orang," jelasnya.

Sementara itu masih ada 2 calon Jemaah haji Purbalingga yang belum melakukan rekam biometrik. Rekam biometrik tersebut sudah dilakukan di aula Kemenag selama 2 hari, yakni tanggal 3 dan 4 April lalu.

"Kedua orang itu tidak datang saat rekam biometrik. Mereka kami minta untuk melakukan rekam biometrik bersama dengan jemaah cadangan, lansia dan penggabungan mahram di Purwokerto," katanya.

Ratmono juga menuturkan, jumlah calon Jemaah haji cadangan ada 5 orang, jemaah lansia 26 orang dan penggabungan mahram 11 orang. Ia berharap sampai pemberangkatan nanti tidak ada calon Jemaah haji yang meninggal dunia.

Terkait perbedaan dalam pelayanan kepada CJH, Ratmono menjelaskan untuk tahun ini ada tambahan kemudahan.

"Ibadah haji tahun ini diberlakukan sistem zonasi di Tanah Suci. Untuk jemaah dari embarkasi Solo akan disatukan di daerah Jarwal yang jaraknya 500 meter - 1 km dari Masjidil Haram. Berbeda dengan ibadah haji tahun-tahun sebelumnya di mana jemaah embarkasi Solo bercampur dengan embarkasi lain se-Indonesia di satu hotel dan satu wilayah. (arief_sar/    ).


Dibaca sebanyak 74 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


FKUB dan MUI Ajak Masyarakat Rukun dan Damai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blora - 24 Mei 2019

16 ASN Kemenag Kab. Tegal Terima SK Kenaikan Pangkat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal - 24 Mei 2019

UPZ Mulai Distribusikan Bantuan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak - 24 Mei 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial