Berita

Halaman Berita

Cegah Penyebaran COVID-19, ASN WFH Kinerja Tetap Terukur

Oleh Subbag Inmas 08 - 23 Maret 2020

* Salah satu ASN Kanwil Kemenag Prov. Jateng, Zahimatul Khasanah (Ima) sedang melaksanakan kebijakan WFH (23/03)

Semarang (Inmas) - Salah satu kebijakan pemerintah dalam pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yaitu dengan social distancing, dalam hal ini bekerja dari rumah/Work From Home (WFH). Hal ini sudah diberlakukan di instansi pemerintah sejak minggu lalu. Salah satunya berlaku pada Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah.

Memasuki hari kerja ketiga, Zahimatul Khasanah ibu dua anak  ini, Senin (23/03) menyampaikan melalui WhatsApp, bahwa kebijakan WFH efektif untuk mencegah penyebaran COVID-19 di lingkungan Kanwil Kemenag Prov. Jateng tanpa mengurangi kinerja. Kinerja ASN tetap terpenuhi sesuai kewajiban karena mendapat tugas terstruktur sesuai Jabatan masing-masing.

“Kebijakan sosial distancing dengan bekerja di rumah tetap bisa efektif tergantung dari cara dan pengaturan waktu oleh masing-masing ASN, mengkaji masalah hukum yang sedang dihadapi oleh Kanwil, alhamdulillah mulai jam 7.00 s.d jam 11.00 selesai satu kajian dengan laporan data lengkap. semuanya itu dapat terukur juga melalui report laporan kinerja di rumah sebagaimana yang telah ditentukan dalam pengaturan WFH,” ungkap Ima.

Dari WhatsApp Image yang dikirim kepada Tim Humas, Ima Nampak serius dan semangat bekerja menjalankan tugasnya meski berada di rumah. Ima ditemani sebuah laptop dan beberapa berkas yang dibawa dari kantor, sebagai bahan yang akan di kaji sampai dengan menyusun laporan data secara lengkap. Ima membagikan kunci keefektifan kinerja WFH yaitu dengan komitmen dan rasa tanggunjawab. Ima telah mentargetkan kinerjanya hari ini dan tetap menjalin komunikasi dengan atasan langsung dan sesama rekan kerja menggunakan telepon genggam guna berkoordinasi terkait tugas yang dikerjakan.

“Kuncinya ada pada rasa tanggungjawab dari masing-masing ASN, hanya tempat kerjanya saja yang berbeda tapi tanggungjawabnya tetap sama, dengan terus berkoordinasi dengan atasan langsung dan rekan kerja kita akan lebih mudah menjalankan kebijakan ini, “ imbuhnya.

Sosial distancing dengan WFH ini, selain efektif sebagai pencegahan penyebaran COVID-19 juga dapat tetap menjaga keefektifan kinerja ASN, penting buat kita menjalankan kebijakan ini, kepedulian kita terhadap pecegahan COVID-19 dari masing-masing person ASN sebagai langkah kecil, masing-masing instansi pemerintah menjadi langkah besar bagi kemaslahatan umat.

Semoga kita menjadi bagian yang menjalankan semua kebijakan pemerintah terkait protocol penangan COVID-19 ini, selamatkan bangsa dengan komitmen bersama. (qq/qq)

 


Dibaca sebanyak 170 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru



Terapkan New Normal, Kemenag Pati Berlakukan Sistem Kerja WFO untuk Pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 05 Juni 2020

Sambut New Normal, Kemenag Pati Gelar Apel Perdana Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 05 Juni 2020

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial