Berita

Halaman Berita

CJH Didominasi Lansia, Karu dan Karom Perlu Siaga

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 26 Juni 2019

* Sejumlah 52 orang Ketua Regu (Karu) dan 13 orang Ketua Rombongan (Karom) mendapatkan pembekalan dari Kasi PHU, Ratmono di Aula Lantai II Kankemenag Purbalingga, Selasa (25/06/2019).

Purbalingga – Keberangkatan Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Purbalingga tahun 1440 H /2019 M diperkirakan akan dilaksanakan 27 Juli 2019. Dalam rangka menghadapi penyelengaraan kegiatan tersebut berbagai agenda sudah dilaksanakan. Di antaranya Bimbingan Manasik Haji dan penyelenggaraan fasilitasi mobile pasport on the spot. Hal tersebut disampaikan Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga, Ratmono di hadapan 52 orang Ketua Regu (Karu) dan 13 orang Ketua Rombongan (Karom) di Aula Lantai II Kankemenag Kabupaten Purbalingga, Selasa (25/06/2019).

Ratmono menjelaskan, kegiatan yang digelar sehari tersebut bertujuan untuk memberikan penguatan kepada para Karu dan Karom dalam melaksanakan tugasnya.

“Tugas pokok Karu adalah membantu melaksanakan tugas Karom di bidang pelayanan umum, ibadah dan kesehatan. Sedangkan tugas pokok Karom adalah membantu pelaksanaan tugas Ketua Kloter/TPHI yang menyertai jemaah haji di bidang pelayanan umum dan ibadah,” paparnya.

Ratmono menghimbau para Karu dan Karom untuk tidak khawatir dan takut dalam mengemban amanah tersebut.

“Tidak selamanya Karu dan Karom sibuk mengurusi jemaah. Insya Allah ibadah haji Karu dan Karom tetap runtut dan khusyuk tanpa terganggu dengan tugas sebagai Karu Karom,” ungkapnya.

Ia menambahkan, tugas Karu Karom akan terasa ringan jika setiap jemaah sudah memiliki kemandirian. Namun tidak menutup kemungkinan Karu dan Karom harus siap siaga, karena dari 576 calon jemaah haji Purbalingga 68 % di antaranya tergolong lanjut usia.

Banyak Manfaat  

Salah satu peserta kegiatan dari Kecamatan Kaligondang, Aris Pujianto yang mendapatkan tugas sebagai seorang Ketua Rombongan (Karom) mengungkapkan, kegiatan yang berlangsung singkat tersebut sangat bermanfaat.

“Penguatan Ketua Regu dan Ketua Rombongan calon jemaah haji 1440 H ini, alhamdulillah dapat memberikan gambaran yang jelas terhadap apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab seorang Karu maupun Karom. Semoga pada pelaksanaan ibadah haji yang akan datang ini semua Karu dan Karom dapat melaksanakan tugas dengan baik,” harapnya.  

Aris menambahkan, selama ini ia hanya memperkirakan apa sebenarnya tugas seorang Karu maupun Karom. Selain itu menurutnya, kegiatan yang digelar tersebut juga berguna sebagai bekal para Karu dan Karom dalam membantu tugas Kementerian Agama dan juga calon jemaah haji dalam regu / rombongannya yang membutuhkan bantuan. (sri-sar/bd)


Dibaca sebanyak 28 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


353 Peserta Ikuti MTQ Pelajar & Umum Tingkat Kabupaten Pekalongan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan - 27 Juli 2019

9 Rombongan JCH Kota Tegal Serahkan Koper Haji Kantor Kementerian Agama Kota Tegal - 16 Juli 2019

324 Siswa Baru MTsN Kota Tegal Antusias Ikuti Matsama Kantor Kementerian Agama Kota Tegal - 16 Juli 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial