Berita

Halaman Berita

Curhatan PJJ Siswi MTs N 1 Kudus di Podcast Perdana

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kudus - 30 Juli 2020

* Curhatan PJJ Siswi MTs N 1 Kudus di Podcast Perdana

Kudus - Nama Podcastkini sudah booming di dunia youtube saat ini. Zakiyya Chilma, siswi MTs N 1 Kudus yang menjadi host dalam acara “Story An-Nahl” mengadakan podcast perdana di Annahl Studio milik MTs Negeri 1 Kudus pada hari Rabu, 29 Juli 2020. Podcast yang bertemakan Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 menghadirkan seorang narasumber yang pernah mendapat prestasi juara satu guru SMP berprestasi nasional kala itu di tahun 2013, beliau bernama Abdul Rochim, S.Pd. M.Pd yang kebetulan juga alumni MTs N 1 Kudus. tema tersebut memang sedang hangat di media yang sering dikaitkan dengan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Apalagisaat ini polemik mengenai pembelajaran jarak jauh semakin marak karena masyarakat merasa kurang efektif jika ini dilakukan secara terus menerus.

Dalam podcast perdananya, Chilma menyampaikan beberapa pertanyaan diantaranya tentang bagaimana gambaran secara umum era revolusi industri 4.0, bagaimana gambaran pembelajaran revolusi industri 4.0 dan juga ia menyampaikan keluhannya, selama PJJ berlangsung menimbulkan kejenuhan dan membuat boros kuota. Dia juga menyampaikan bahwa keluhan ini tidak sedikit siswa, tapi banyak siswa yang merasakan. Adul Rochim yang menjadi narasumber saat itu dengan tenang menjawab, “Sebenarnya pembelajaran saat ini memang kita belum siap untuk kesana (pembelajaran 4.0) dan kebetulan saat ini masa pandemi covids-19 ini dipicu untuk masuk kesana, jadi mau atau tidak mau, suka atau tidak suka kita harus mampu menyesuaikan. Kalau kita tidak bisa menyesuaikan, maka kita akan ditinggal oleh zaman.” Jelas Rochim. “Kalau kita gambarkan pembelajaran digital atau pembelajaran 4.0 itu salah satunya adalah dengan metode daring seperti ini, tapi kita harus ingat dan tak perlu cemas, bahwa hakikatnya pendidikan itu sudah pernah disampaikan oleh Ki Hajar Dewantara pada saat itu, yaitu bahwa semua orang itu adalah guru, dan semua tempat itu adalah sekolah. Artinya siapa pun itu bisa menjadi guru, dan dimana pun bisa menjadi sekolah. Jadi kita jangan hanya mengandalkan tempat sekolah untuk mencari ilmu, tetapi alam ini bisa dijadikan sekolah dan jangan hanya seseorang yang berprofesi guru yang kita anggap menjadi guru, tapi semua orang bisa dijadikan guru.” Tambahnya.

Podcast ini tayang di channel youtube An-Nahl Tv Official milik MTs Negeri 1 Kudus. Podcast yang berdurasi 22 menit ini menjadi perdana karena memang pertama kali bertempat di studio yang baru selesai dibuat. Studio ini dibuat untuk tempatnya berkarya bagi guru dan siswa atau bahkan bisa dijadikan tempat kolaborasi berkarya antar madrasah yang lain. (Dimas Maulana/wwk/bd)


Dibaca sebanyak 124 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial