Berita

Halaman Berita

Danramil Bekali Siswa MIN 2 Sukoharjo Wawasan Kebangsaan

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukoharjo - 10 September 2019

* Danramil 12 Kecamatan Bendosari Kapten Arhanud Budi Sarwoko memberikan wejangan kepada siswa-siswi MIN 2 Sukoharjo ketika bertindak sebagai Pembina Upacara Bendera di Halaman Madrasah, Senin (9/9/2019)

SUKOHARJO – Upacara bendera yang biasa dilaksanakan pada hari Senin setiap minggunya, ditangan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Sukoharjo tidak lagi menjadi aktifitas rutin yang menjemukan. Beberapa muatan positif sengaja dimasukkan sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan kualitas anak didiknya.

Seperti halnya Upacara Bendera pada hari ini Senin(9/9), madrasah sengaja menghadirkan Danramil 12 Kecamatan Bendosari Kapten Arhanud Budi Sarwoko sebagai Pembina Upacara. Pada kesempatan tersebut ia menyampaikan kepada peserta upacara bahwa dengan mengadakan kegiatan upacara akan menumbuhkan sikap disiplin, menunumbuhkan sikap kebangsaan (wawasan kebangsaan), memupuk rasa persatuan, kesatuan dan rela berkorban.

Ditemui usai pelaksanaan upacara, Kepala Madrasah (Kamad), Wiretnoningsih Nurhayati mengatakan dengan cara tersebut diharapkan para siswa akan mengetahui berbagai profesi dan instansi yang ada diluar madrasah, selain itu dapat dijadikan sebagai wahana penyampaian informasi penting dari instansi luar kepada siswa, misal tentang kedisiplinan dari TNI, kesehatan dari Puskesmas, melestarikan lingkungan dari Badan Lingkungan Hidup.

“Rencananya kami akan libatkan Pembina dari luar dua kali dalam satu semester, semoga siswa-siswi MIN 2 Sukoharjo memperoleh pengetahuan baru dan dapat mengenal lebih dekat berbagai profesi," jelas Wiretnoningsih.

Disamping itu dengan menghadirkan Pembina dari luar madrasah kata Wiretnoningsih, juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk menjalin hubungan baik dengan instansi luar, pembinaan dan penyampaian informasi sebagai pembelajaran bagi siswa dan sebagai upaya dalam mendukung program pemerintah.

Dikarenakan jumlah siswa lebih dari 1200 orang, Wiretnoningsih merasa perlu untuk membagi tempat upacara yang ada di madrasah menjadi tiga tempat,  yaitu dua tempat di kampus 1 yang beralamat di Jetis masing-masing untuk kelas 1,2 dan 6(Program Reguler) dan program Khusus. Satu tempat lagi di Kampus 2 yang beralamat di Joho untuk kelas 3, 4 dan 5.

“Alhamdulillaah bulan ini kami mengundang Danramil untuk menjadi Pembina di kampus 2 dan insyaa Allah minggu depan, kami kembali mengundang Danramil untuk menjadi Pembina Upacara di kampus 1,” terang Wiretnoningsih.

Sementara itu Sie Humas Madrasah, Gunawan mengatakan kaitannya MIN 2 Sukoharjo sebagai Madrasah berpredikat Adiwiyata, tidak menutup kemungkinan pihaknya akan mengundang Pembina Upacara dari BLH.

“Untuk pembina upacara selanjutnya mungkin bisa mengundang dari BLH kaitannya dengan Adiwiyata,” katanya.(gun/djp/rf)


Dibaca sebanyak 28 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Pembukaan Pospeda VIII Tahun 2019 Sukses dan Meriah Subbag Inmas 07 - 13 September 2019


Banyak Prestasi Yang Di Capai Kemenag Jawa Tengah Subbag Inmas 02 - 13 September 2019

Informasi Penting


Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019



Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial