Berita

Halaman Berita

Dapatkan Rekomendasi, Pondok Pesantren Minthol Dibuka Kembali

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 30 Juli 2020

* Tim Monitoring Kankemenag Purbalingga melakukan kunjungan dan pengecekan langsung kesiapan dan kelengkapan Pondok Pesantren Minhajut Tholabah dalam penyelenggaraan pendidikan di era Covid-19.

Purbalingga - Pondok Pesantren Minhajut Tholabah akhirnya secara resmi membuka kembali kegiatan pembelajaran bagi 1.100 santrinya dengan mukim di pondok tersebut usai permohonan ijin yang diajukannya mendapatkan rekomendasi dari Ketua Gugus Covid-19 Kabupaten Purbalingga.  Hal tersebut disampaikan Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kankemenag Purbalingga, Kholidin dalam keterangannya, Rabu (29/7/2020).

Kholidin menjelaskan, bersama Kasi Pendidikan Madrasah Sudiono, Pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP/SMA/SMK, Aminudin dan Muhamad Catur tim melakukan kunjungan langsung ke pondok pesantren  yang terletak di Dusun Lawigede Desa Kembangan Kecamatan Bukateja tersebut, Senin (27/7) lalu.

“Kunjungan yang kami lakukan untuk memonitoring persiapan pembelajaran dan kedatangan santri. Alhamdulillah sudah sesuai dengan protokol kesehatan,” jelasnya.

Menurutnya, Pondok Pesantren Minhajut Tholabah merupakan satu-satunya dan pondok pertama di kabupaten Purbalingga yang sudah mengikuti prosedur dengan mengajukan permohonan perijinan dan mendapatkan rekomendasi resmi dari Ketua Gugus Covid-19 Pemkab Purbalingga untuk membuka kembali kegiatannya.

“Fantastis...,  untuk persiapan ini pihak Minhajut Tholabah menghabiskan sekitar 366 juta rupiah untuk membuat dan menambah fasilitas bagi seluruh warga pondok sebagai upaya pencegahan Covid-19. Semoga pak Kyai dan para pengasuh pondok sehat, santrinya sehat, ngajinya terus, pondoknya aman dan harapannya pandemi segera berakhir,” ungkapnya.

Ia menambahkan, bagi pondok pesantren-pondok pesantren lain yang berkeinginan untuk membuka kembali pembelajaran bagi santrinya dengan cara mukim, tidak ada salahnya mencontoh Pondok Pesantren Minhajut Tholabah yang sudah taat mengikuti prosedur.

Banyak Perubahan

Pengasuh Pondok Pesantren Minhajut Tholabah, Kyai Ma’ruf Salim dalam keterangannya menjelaskan, pondok pesantren yang dikelolanya saat ini memiliki 1.100 orang santri  yang didominasi santri putri sebanyak 70 %.

Sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan untuk saat ini jumlah santri dalam kamar dikurangi  dengan solusi menambah kamar baru. Penerimaan santri juga dilakukan secara bertahap dalam  8 hari (20-28 Juli 2020) untuk mengurangi terjadinya penumpukan massa.

Beberapa perubahan lainnya yang dilakukan di antaranya memperketat penerapan protokol kesehatan,  membuat mushola baru,  kamar baru,  dan tempat cuci tangan.  Termasuk mengangkat 6 orang juru masak baru dan 7 orang satpam baru. Pemkab Purbalingga juga membantu Rapid Test bagi 450 santri PP Minthol dengan mendatangkan petugas medis ke pondok pesantren tersebut.

Jika sebelum pandemi seluruh keluarga santri yang datang diijinkan sowan memasrahkan putra/putrinya kepada Pengasuh Pondok,  sekarang hanya 1 orang anggota keluarga yang diijinkan. (sri-sar/bd)


Dibaca sebanyak 22 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial