Berita

Halaman Berita

Dari OCD, MTs N 1 Pemalang Raih Penghargaan

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang - 08 November 2019

* Siswa MTs N 1 Pemalang bermain permainan traditional saat pelaksanaan OCD (izin - 7/11/2019)

Pemalang - Outdoor Classroom Day (OCD) atau belajar di luar kelas adalah hari untuk menginspirasi pembelajaran di luar kelas, yang merupakan kampanye global. Di Indonesia, pelaksanaan OCD sekaligus sebagai upaya mempercepat terwujudnya sekolah ramah anak. OCD di Indonesia dilaksanakan serentak pada tanggal 7 November.

Begitupula dengan MTs Negeri 1 Pemalang, pada hari Kamis (7/11/2019) mengadakan OCD. Seluruh peserta didik melaksanakan pembelajaran di luar kelas yang diawali dengan menyambut siswa yang datang ke madrasah oleh guru serta para siswa petugas piket pintu gerbang dengan senyum dan keramahan pada pukul 06.30-07.00 WIB.

Kepala MTs N 1 Pemalang Mimbar berharap pelaksanaan OCD tahun ini bisa terlaksana dengan sebaik-baiknya sebagaimana pelaksanaan OCD tahun sebelumnya. Dari pelaksanaan OCD tahun 2018, MTs N 1 Pemalang berhasil memperoleh prestasi tingkat nasional.

"Alhamduillah MTs Negeri 1 Pemalang pada tahun 2018 telah mendapatkan penghargaan dariĀ  Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak Republik Indonesia ibu Yohana Susana Yembise pada tanggal 16 Desember 2018 di Bandung, karena video kegiatan OCD di MTs telah di-like terbanyak. Oleh sebab itu, mari kita persiapkan pelaksanaan OCD dengan sebaik-baiknya," kata Mimbar saat apel pagi.

Seusai apel, kegiatan dilanjutkan dengan makan bersama yang diawali dengan cuci tangan, doa sebelum makan, dan diakhiri dengan doa setelah makan, dan cuci tangan. Selanjutnya siswa melakukan pemeriksaan lingkungan madrasah dengan menyingkirkan tanaman, barang, atau hal-hal yang membahayakan siswa.

Selanjutnya siswa melaksanakan gerakan literasi berupa membaca buku di luar kelas. Mereka juga melakukan simulasi evakuasi bencana dan senam germas. Untuk melestarikan budaya, para siswa juga melakukan permainan tradisional selama 45 menit.

Mengakhiri kegiatan, peserta melakukan tepuk hak anak dan yel-yel sekolah ramah anak. Dilanjutkan dengan deklarasi sekolah ramah anak dan pelantikan tim sekolah ramah anak. Acara diakhiri dengan menyanyikan lagu Maju Tak Gentar. (izin/fi/rf)


Dibaca sebanyak 121 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Kali ke-3 Kafilah Kab. Pati Pertahankan Juara Umum MTQ Pelajar Tingkat Provinsi Jawa Tengah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 20 November 2019

KKM 1 MI Kota Semarang Raih Juara I Tenis Meja HAB Kemenag Tingkat Kota Semarang Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 20 November 2019

KKRA Dituntut Bisa Membawa RA Lebih Baik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak - 20 November 2019

Informasi Penting


Penetapan Peserta Terbaik MTQ Pelajar XXXIV 2019 Administrator - 20 November 2019

Rekrutmen Penyuluh Agama Buddha Non PNS 2020 Administrator - 20 November 2019

Materi Rakor PBJ Hotel Grasia Semarang Administrator - 18 November 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial