Berita

Halaman Berita

Dari Recehan Madin di Pedesaan Ini Salurkan Santunan 32 Juta

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 11 September 2019

* Madin Irsyadul 'Awwam Desa Sidanegara -Kaligondang melakukan kegiatan Santunan Yatim melalui Program Receh untuk Berbagi, Sabtu (7/9) lalu kepada 34 anak yatim di daerah tersebut.

Purbalingga – Bulan Muharram selain dimuliakan dengan amalan puasa sunnah juga menjadi waktu terbaik untuk menyantuni anak yatim. Sehingga Muharam dengan Hari ‘Asyura di dalamnya sering dianggap sebagai Hari Raya untuk Anak Yatim. Madrasah Diniyah Irsyadul ‘Awwam  yang terletak di desa Sidanegara Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga merupakan salah satu Madin yang menjalankan tradisi tersebut.

Kepala Madin Irsyadul 'Awwam, Prayitno dalam keterangannya melalui aplikasi Whatsapp, Rabu (11/09) mengatakan, dalam Muharram tahun ini pihaknya melakukan kegiatan santunan terhadap 34 anak yatim di daerahnya. Dalam kegiatan yang digelar Sabtu (7/9)/  8 Muharam 1441 H tersebut pihaknya berhasil menyalurkan dana santunan sejumlah Rp 32.011.000,00.

“Kegiatan ini sudah menjadi agenda tahunan, sekaligus program kerja pengurus TPQ dan Madin sebagai puncak kegiatan dalam setiap semester. Kami berharap masyarakat dan Pemerintah Desa dapat mendukung kegiatan yang sudah berjalan 6 kali ini,” katanya.

Menurutnya, dana santunan diperoleh dari program “Receh untuk Berbagi”. Caranya para wali santri menyisihkan uang receh dan menyimpannya dalam celengan yang telah disiapkan. serta para donatur, baik dari Desa Sidanegara maupun dari  donatur luar Desa.

“Wali santri diberi celengan yang dibawa ke rumah.  Sehari mereka menyisihkan uang receh Rp 500,00 dan pada awal Muharam dikumpulkan. Dana yang terkumpul ditambah dana dari donatur lainnya dijadikan sebagai santunan,” jelasnya.

Prayitno menambahkan, program “Receh untuk Berbagi” tersebut telah dimulainya sejak tahun 2015.

“Dikarenakan saat kami mencoba menarik iuran wali santri untuk santunan dalam bentuk uang, rata-rata merasa keberatan. Sehingga kami mencari cara yang tepat supaya mereka mau berbagi dan tidak merasa berat. Maka ide celengan ini kami lakukan dimulai uang receh Rp 100,00 kami terima,” jelasnya.

Setelah terkumpul uang tersebut ditukarkan ke pom bensin, mini market, warung dan juga pedagang asongan. Menurutnya saat ini ada 150 buah celengan wali santri yang dititipkan di toko-toko di desa Sidanegara dan desa-desa sekitarnya.

“Rencananya jumlah celengan akan ditambah dan dititipkan ke toko-toko lainnya untuk menambah dana santunan pada Muharram tahun depan,” ujarnya.

Apresiasi Warga

Kepala Dusun (Kadus) I Desa Sidanegara, Radiyanto (39) dalam keterangannya mengapresiasi para walisantri yang telah mensukseskan program Receh untuk Berbagi yang dicetuskan Kepala Madin tersebut.

“Dengan cara mengumpulkan receh di celengan ini wali santri merasa ringan dan mulai tergugah hatinya untuk berperan serta memberi santunan. Program ini juga tidak hanya untuk santunan bagi yatim melainkan  untuk pembangunan gedung madin dan persiapan iuran pengajian akbar untuk acara ini,” jelasnya. (sri-sar/bd)


Dibaca sebanyak 43 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Kankemenag Kab. Pemalang Adakan Seleksi Calon Peserta Asesmen Promosi Kamad Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang - 15 November 2019

Tiga Prinsip Kerja Plt. Kepala Kankemenag Kab. Pemalang Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang - 15 November 2019

Wamenag Hadiri Tahlil & Doa 100 Hari Wafatnya Mbah Moen Subbag Inmas 08 - 15 November 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial