Berita

Halaman Berita

DDWK Tingkatkan Kompetensi Penyusunan RPP

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang - 14 Mei 2019

* DDWK Penyusunan RPP diharapkan bisa meningkatkan kompetensi guru MTs dalam menyusun RPP secara mandiri (fi - 13/5)

Pemalang - Sepatutnya administrasi pembelajaran disusun sebelum tahun ajaran dimulai. Sehingga saat pelaksanaan pembelajaran sudah berjalan, semua sudah siap. Namun masih banyak guru yang baru membuat administrasi pembelajaran saat tahun ajaran sudah berjalan. Salah satu penyebabnya adalah kurang mampunya guru dalam membuat administrasi pembelajaran.

Dalam rangka meningkatkan kompetensi guru menyusun administrasi pembelajaran, Balai Diklat Keagamaan (BDK) Semarang mengadakan diklat teknis substantif Penyusunan Rencana Program Pembelajaran (RPP) bagi guru MTs di wilayah kerja Kankemenag Kabupaten Pemalang. DDWK dilaksanakan selama enam hari mulai hari Senin (13/5) sampai dengan Sabtu (18/5) di MAN Pemalang. Diklat penyusunan RPP ini diikuti oleh 40 orang guru MTs di lingkungan Kankemenag Kabupaten Pemalang.

"Administrasi pembelajaran selalu dinamis mengikuti kurikulum. Manusia yang baik adalah manusia yang setiap harinya menjadi lebih baik. Apabila sebelumnya masih menyalin RPP orang lain, dan membuatnya juga ketika akan ada akreditasi, maka setelah mengikuti diklat ini sudah bisa menyusun RPP mandiri dan tepat waktu,".

Demikian harapan dari Kepala Subbag TU Kankemenag Kabupaten Pemalang, Fajarin saat membuka DDWK. Mengingat keterbatasan kuota peserta diklat, dia berharap guru yang mengikuti DDWK bisa mendesimenasikan ilmu yang diperoleh kepada guru lainnya.

"Mengingat keterbatasan kuota peserta diklat, silakan didesimenasikan, disosialisasikan kepada guru yang lainnya minimal di satu madradah sehingga bermanfaat. Ilmu yang anda bagikan tidak akan pernah habis," harapnya.

"Saya berpesan kegiatan diikuti dengan baik, diikuti dengan serius. Kita tidak hanya sekedar mengikuti diklat, tapi ketika bisa mengimplementasikan itu adalah nilai lebih. Jadi tidak ada istilah ikut diklat atau tidak ikut diklat sama saja," pungkasnya.

DDWK merupakan salah satu jenis diklat yang diselenggarakan oleh BDK Semarang. Adapun jenis diklat lain yang diselenggarakan oleh BDK Semarang yakni diklat di BDK, DDTK, Diklat kerjasama, dan Diklat jarak jauh.

"Tugas kami adalah mendiklat warga BDK Semarang di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Silakan manfaatkan lembaga diklat untuk meningkatkan kompetensi. Ada diklat konvensional, DDWK, DDTK, DJJ, dan diklat kerjasama. Guru yang baik adalah guru yang mau tumbuh dan berkembang," ujar Teguh Suyitno, Widyaiswara BDK Semarang saat memberikan sambutan.

Ditambahkannya, DDWK dilaksanakan berdasarkan usulan dari lokus. Seperti halnya DDWK penyusunan RPP yang saat ini dilaksanakan di Kankemenag Kabupaten Pemalang sesuai proposal usulan dari Kankemenag Kabupaten Pemalang.

"Kita akan berusaha bagaimana sebenarnya menyusun RPP, karena biasanya selama ini RPP hanya menyalin lalu mengganti nama. Harapan kami setelah mengikuti diklat ini, para guru bisa menyusun RPP," harapnya mengakhiri sambutan. (fi/rf)


Dibaca sebanyak 13 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


FKUB dan MUI Ajak Masyarakat Rukun dan Damai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blora - 24 Mei 2019

16 ASN Kemenag Kab. Tegal Terima SK Kenaikan Pangkat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal - 24 Mei 2019

UPZ Mulai Distribusikan Bantuan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak - 24 Mei 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial