Berita

Halaman Berita

Diet Plastik, MIN 2 Sukoharjo Gunakan Daun Pisang dan Kantong Kertas untuk Membungkus Daging Kurban

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukoharjo - 14 Agustus 2019

* Guru MIN 2 Sukoharjo sedang membungkus daging kurban menggunakan daun pisang dan kantong kertas pada Selasa (13/8/2019).

SUKOHARJO – Ratusan lembar daun pisang diatur rapi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Sukoharjo pada Selasa (13/8/2019). Di atasnya terdapat potongan daging sapi yang siap dibungkus daun pisang tersebut dan dimasukkan pada sebuah kantong kertas berwarna putih. Daging sapi tersebut merupakan hasil penyembelihan sapi pada perayaan Hari Raya Idul Adha di madrasah tersebut.

Peringatan Idul Adha di MIN 2 Sukoharjo dirayakan dengan menyembelih 3 ekor sapi dan 3 ekor kambing. Keseluruhan sapi merupakan hasil iuran beberapa guru, karyawan, dan orang tua siswa. Sedangkan kambing merupakan hewan kurban orang tua siswa yang dititipkan madrasah untuk disembelih.

 Untuk membungkus daging kurban, MIN 2 menggunakan daun pisang dan daun jati yang diperoleh dari kebun madrasah. Daging yang telah dibungkus daun kemudian dimasukkan ke dalam kantong kertas (paper bag) hasil karya siswa. Menurut Kepala MIN 2 Sukoharjo, Wiretnoningsih Nurhayati, kantong kertas merupakan kasil prakarya siswa kelas 3, 4, dan 5 yang totalnya mencapai lebih dari 500 buah.

 “Kami melibatkan siswa dan orang tua untuk berperan dalam perayaan Idul Adha kali ini di madrasah, sehingga semua keluarga besar madrasah mendapat manfaatnya di akhirat nanti,” ujar Wiretnonongsih.

Lebih lanjut kepala madrasah baru di MIN 2 Sukoharjo tersebut menjelaskan bahwa semua daging kurban didistribusikan kepada siswa yang berhak dan masyarakat sekitar madrasah.

“Pada perayaan Idul Adha tahun ini sedikitnya 300 kantong daging sapi dan kambing kita berikan kepada warga madrasah yang berhak termasuk di lingkungan madrasah. Semoga tahun mendatang jumlah hewan kurban yang disembelih bisa meningkat jumlahnya,” harapnya.

 Sementara itu, ketua adiwiyata MIN 2 Sukoharjo, Anton Purwoko, menjelaskan bahwa penggunaan daun dan kantong kertas untuk membungkus daging sebagai wujud sebagai madrasah adiwiyata nasional. “Kami berupaya untuk diet plastik sehingga berperan untuk mensukseskan program pemerintah dalam mengurangi penggunaan kantong plastik,” ungkapnya.

Anton juga menekankan bahwa MIN 2 Sukoharjo akan selalu berupaya untuk berperan aktif dalam pelestarian lingkungan dengan melibatkan peran serta seluruh warga madrasah dan orang tua siswa. “Siswa dan orang tuanya sangat antusias dalam peran serta pelestarian lingkungan, seperti pembuatan kantong kertas untuk membungkus daging ini,” tandas pria yang dinobatkan sebagai kader lingkungan ini.(Pry/Djp)


Dibaca sebanyak 77 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Kankemenag Banjarnegara Gali Inspirasi Pengelolaan ke LAZ Al Ihsan Semarang Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara - 06 Desember 2019

Purnabakti Sebagai PNS Awal Pengabdian Untuk Masyarakat Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 06 Desember 2019

Kasubbag Pati Evaluasi Tupoksi Kinerja Staf Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 06 Desember 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial