Berita

Halaman Berita

Direktur KSKK, Revolusi Pendidikan di Era Digital

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar - 14 Januari 2020

* Direktur KSKK Kemenag Pusat, A. Umar, didampingi Plt. Kepala Kemenag Karanganyar, Wiharso dan Kepala MAN 1, Lanjar Utami, Meresmikan Gedung Multimedia.

Karanganyar - Dirketur KSKK Kementerian Agama RI, H.A Umar, tampil sebagai nara sumber seminar pendidikan bertajuk Revolusi Pendidikan di Era Digital. Acara dilaksanakan pada hari Sabtu, 11 Januari 2020 bertempat di Gedung Multimedia Terpadu MAN 1 Karanganyar.

Telah diketahui khalayak bahwa pada MAN 1 Karanganyar memperoleh proyek peningkatan mutu pendidikan berupa Pembangunan Gedung Workshop Pembelajaran Keterampilan sumber dana SBSN Tahun Anggaran 2019. Pembangunan telah selesai sesuai schedule yakni tanggal 31 November 2019 dan gedung telah diresmikan oleh Menteri Agama Jend. (Purnawirawan) Fahrul Razi. Penandantangan Prasasti dilaksanakan pada hari Kamis, 19 Desember 2019 di Aula UIN Walisogo Semarang bersamaaan dengan 5 madrasah yang memperoleh proyek yang sama.

Gedung tiga tersebut dipergunakan sebagai Gedung Multimedia terpadu MAN 1 Karanganyar. Lantai satu sebagai lahan parkir siswa, lantai dua yang terdiri berbagai ruangan digunakan sebagai tempat pembelajaran, ruang rekaman, ruang editing dan ruang studio mini sedangkan lantai 3 berupa aula serbaguna.

Gedung pertama kali secara resmi digunakan untuk Seminar Pendidikan Guru Karyawan MAN 1 Karanganyar. Hadir pula Bupati Karanganyar, J. Juliyatmono, Perwakilan Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Kakankemenag Karanganyar dan jajarannya, Anggota Komite, Guru Karyawan MAN 1 Karanganyar dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya H. Juliyatmono, memberikan apresiasi tinggi atas terselesaikannya pembangunan gedung ini. Tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Bapak Diretur KSKK atas segala perhatian besar terhadap prestasi MAN 1 Karanganyar, yang juga merupakan almamaternya. Bupati juga memotivasi kepada seluruh elemen MAN 1 Karanganyar agar senantiasa percaya diri dan meningkatkan potensi yang ada. “Kedepan Lulusan Madrasah akan lebih dibutuhkan oleh semua pihak karena lulusan madrasah memiliki keilmuan ganda yakni science dan teknologi yang dibarengi dengan ilmu agama,” tandas Juliyatmono.

Sementara itu direktur KSKK, H.A Umar, dalam inti seminarnya mengajak semua guru untuk menguasai IT. “Kita sudah memiliki Gedung Multimedia dan segala peralatannya, dan telah kita lihat bersama beberapa video hasil karya siswa yang sangat bagus, maka semua guru juga harus bisa mengusai IT,” imbuh Umar.

Sang direktur juga menyampaikan; madrasah di era milenial ini harus menguasai tiga hal penting yakni language/ bahasa, vokasi/ keterampilan juga IT/ Informasi dan Teknologi. Selain bahasa Indonesia beliau mengharapkan siswa memiliki satu bahasa asing, bisa Bahasa Inggris, Bahaasa Arab, Bahasa Mandarin, Bahasa Jerman atau bahasa yang lain. Sedang Vokasi atau keahlian tertentu sudah ada di MAN 1 Karanganyar ini memaksimalknnya. Dan yang terakhir tentang IT, diera sekarang mulai madrasah terkecil diharapkan mampu menerapkan e-learning, sedang madrasah besar seperti MAN 1 Karanganyar harus bisa menerapkan transfer learning,” tandasnya.

Sebelum acara seminar dimulai lebih dahulu Bapak direktur beserta rombongan melihat seluruh ruangan dan peralatan yang ada. Bahkan beliau sempat uji coba shoting dan talkshow singkat di ruang studio siaran mini dan berfoto di studio foto. Semua rombongan sangat terkesan dengan gedung serta peralatan yang ada, yang yakin ke depan MAN 1 Karanganyar akan mampu beraing dengan sekolah kejuruan umum. (tri/hd/Sua)


Dibaca sebanyak 93 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru




Rakor Pengurus KKG Guru PAI SD se Kabupaten Karangayar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar - 04 Desember 2020

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial