Berita

Halaman Berita

Duh Senangnya, Ka.Kankemenag Pati Wisuda Santri TPQ

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 11 Juli 2019

* Kepala kankemenag Pati saat beri sambutan arahan pada Wisuda Santri TPQ.

Pati - Sebanyak 168 santri Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) se Kec. Gabus Kab. Pati diwisuda, bertempat di gedung IPHI Kec. Gabus, Kamis (11/7/2019). Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Kankemenag Kabupaten Pati, Kasi PDPontren, Kepala KUA Kecamatan Gabus Pati, forkompimcam, Ketua Badko TPQ Kec. Gabus dan wali santri. Isak tangis pun mewarnai haflah prosesi wisuda santri.

Ketua Panitia Wisuda yang merupakan ketua Badko TPQ Kec. Gabus menuturkan, santri yang mengikuti wisuda wajib mengikuti beberapa tahapan yang sangat penting, yaitu tahapan ujian munaqosyah dan ujian tulis serta dinyatakan lulus. Menurutnya santri dinyatakan lulus berjumlah 168 orang, mereka lulus dengan hasil yang baik, ujarnya.

Sementara itu, menurut Kepala PDPontren Kankemenag Kabupaten Pati Ruhani, “Haflah prosesi wisuda santri TPQ ini, bertujuan memberikan semangat belajar dan kesan positif bagi wisudawan dan wisudawati. Sehingga bisa menumbuhkan ghiroh baru dalam gerakan pendidikan Al-Qur’an terhadap anak usia dini,” paparnya.

Ini merupakan program inovasi pada PDPontren Kankemenag Kabupaten Pati bersama Badko yang sudah sekian kali di laksanakan di Kabupaten Pati, dengan tujuan untuk mempererat persaudaraan dan silaturrahim antar lembaga serta menyatukan dan mempererat ukhuwah antar methode Qiroati, Yanbua, Tilawati, Albagdadi, albarqi dan metode-metode yang lain, imbuh Ruhani.

Kepala Kankemenag Kabupaten Pati Imron Rosyidi dalam sambutannya mengakui, selama ini TPQ masih tetap exis dan terus bergerak secara dinamis. Untuk terus memacu pergerakan Pendidikan Al-Qur’an, pihaknya senantiasa melakukan berbagai upaya baik yang bersifat keilmuan dan peningkatan mutu guru, tegasnya.

“Wisuda santri ini merupakan suatu penghargaan terhadap prestasi dan keberhasilan yang telah dicapai oleh para santri, karena mereka telah berhasil menyelesaikan tahapan demi tahapan dalam kegiatan proses belajar di tingkat TPQ,” ujarnya.

Ditambahkannya, wisuda juga sebagai media untuk memperkokoh jalinan silaturrahim fungsional dalam upaya menopang ukhuwah Islamiyah, terutama di kalangan pengurus Badko, para pengelola TPQ, guru dan santri, tukasnya.

“Wisuda ini juga sebagai sebagai media evaluasi kualitas santri yang selanjutnya. Ini akan menjadi umpan balik perbaikan kurikulum, proses pembelajaran,” pungkasnya.(Am/qq)


Dibaca sebanyak 20 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


353 Peserta Ikuti MTQ Pelajar & Umum Tingkat Kabupaten Pekalongan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan - 27 Juli 2019

9 Rombongan JCH Kota Tegal Serahkan Koper Haji Kantor Kementerian Agama Kota Tegal - 16 Juli 2019

324 Siswa Baru MTsN Kota Tegal Antusias Ikuti Matsama Kantor Kementerian Agama Kota Tegal - 16 Juli 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial