Berita

Halaman Berita

Ebtaq upaya Mengevaluasi Bacaan Al Qur’an di Mi Hidayatul Mubtadiin

Oleh Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 02 Desember 2019

* Siswa MI Hidayatul Mubtadiin sedang mengikuti Evaluasi Baca Tulis Al Qur'an yang diselenggarakan oleh Korcam Qiraati Gayamsari, Sabtu (30/11)

Semarang - Lantunan ayat-ayat al-Qur’an dan bacaan Gharib terdengar dari salah satu ruangan MI Hidayatul Mubtadiin Semarang. Sebanyak 32 siswa kelas 5 dan 6 ini mengikuti kegiatan evaluasi baca tulis al-Qur’an yang diselenggarakan koordinator Qiraati Kecamatan Gayamsari Semarang,  Sabtu (30/11)

Siti Khasanah selaku ketua TPQ MI Hidayatul Mubtadiin mengatakan bahwa kegiatan Ebtaq ini merupakan bentuk evaluasi terhadap siswa kelas 5 dan 6 dalam membaca al-Qur’an.

“Kami jaga kualitas bacaan al-Qur’an anak-anak di madrasah ini dengan senantiasa mengikutkan Ebtaq Qiraati. Semoga kepercayaan masyarakat terhadap madrasah ini semakin hari semakin meningkat,” ujarnya.   

Harapan Khasanah diamiini oleh Ahmad Qamari selaku kepala madrasah di lembaga ini. Pasalnya salah satu unggulan di madrasah ini adalah Baca Tulis al-Qur’an metode Qira’ati.

“Sebagian besar dari orang tua yang menyekolahkan anaknya di sini, karena ada ngajinya. Lebih-lebih menggunakan metode Qiraati,” pungkasnya.  

Ibarat gayung bersambut antara harapan orangtua dengan siswa, Ebtaq ini membuat bangga para siswa dan mereka ingin membahagiakan orangtuanya dengan ngaji ini.

Putri salah satu peserta Ebtaq mengungkapkan bahwa dirinya sangat bangga karena dapat ikut Ebtaq. “Aku sangat senang sekali ikut Ebtaq karena bisa membahagiakan kedua orang tuaku.” Hal yang sama juga diungkapkan Hanif kelas 6 yang mengikuti Ebtaq “Aku merasa usahaku tidak sia-sia, walaupun banyak kesalahan dalam membaca. Aku harus berjuang demi membahagiakan kedua orang tuaku.”

Pada akhir kegiatan kepala madrasah menegaskan,  “Ebtaq ini dilaksanakan setiap tahun untuk menguji kualitas bacaan siswa. Dari tahun ke tahun kualitas kegiatan BTQ di MI Hidayatul Mubtadiin Semarang semakin baik,  karena dibimbing langsung oleh guru-guru berkualitas dan bersyahadah dari lembaga Qiraati kecamatan Gayamsari Kota Semarang. (qmr/sby/bd)


Dibaca sebanyak 16 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Kankemenag Banjarnegara Gali Inspirasi Pengelolaan ke LAZ Al Ihsan Semarang Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara - 06 Desember 2019

Purnabakti Sebagai PNS Awal Pengabdian Untuk Masyarakat Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 06 Desember 2019

Kasubbag Pati Evaluasi Tupoksi Kinerja Staf Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 06 Desember 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial