081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Evaluasi, MTs Salafiyah Pati Gelar Ujian Akhir Baca Kitab dan Tahfidzul Quran

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pati – Dalam rangka mengevaluasi hasil belajar siswa-siswi kelas IX mata pelajaran unggulan yaitu Tahfidz Al-Quran dan Qiroatul Kitab, MTs Salafiyah Pati melaksanakan ujian akhir tes Baca Kitab dan Tahfidzul Quran. Acara tahunan ini dilaksanakan pada Ahad (10/02) mulai pukul 07.00 sampai selesai di lingkungan MTs Salafiyah, dengan mengundang seluruh wali santri untuk mendampingi putra-putrinya.

Kepala MTs Salafiyah Ahmad Ruman Masyfu’ mengatakan, Acara tersebut bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap Al-Quran dan belajar baca kitab kuning sejak dini. Selain itu, hal tersebut juga dilakukan untuk membina dan mendidik siswa-siswi agar selalu semangat belajar Al-Quran dan Tafaquh Fiddin.

Dia menambahkan, kegiatan ini diikuti seluruhnya 265 siswa MTs Salafiyah yang pada tahun ini sedang duduk di kelas IX. Dalam praktiknya pembacaan tahfidz Al-Quran, yaitu juz 1 sampai juz 20 untuk siswa beasiswa tahfidz (membaca masing-masing 3 jus), diikuti pembacaan juz 29, dan diakhiri juz 30. Untuk Tes Baca kitab masing-masing santri membaca materi wajib yg telah ditentukan, dilanjutkan membaca materi pilihan dari penguji, diteruskan pertanyaan Tarkib.

Masyfu’ mengatakan lebih lanjut bahwa semua santri di MTs Salafiyah yang nanti lulus ujian Tahfidz Al-Quran dan kitab harus menghormati guru-gurunya, agar hafalan yang sudah dihafal tidak hilang. “Sebelumnya para penguji sudah diberi breafing dulu guna menjunjung tinggi tiga asas kepastian, keadilan, dan manfaat. Untuk siswa unggulan 3 juz dan kitabnya sampai kitabus shiyam.

Ghufron Halim selaku perwakilan Ketua Yayasan Salafiyah mengatakan keutamaan orang yang hafal Qur’an salah satunya adalah nanti akan dipilih sebagai imam. Selain itu, hidupnya juga akan memperoleh keberkahan dengan menjaga hafalannya.

Salah satu wali santri dari Nabila Hernanda Ibu Hanik asal Banten mengatakan, acara seperti ini bagus, dapat memotivasi siswa dan orang tua supaya lebih giat belajar.

“Tolabul ‘Ilmi Hafidul Qur’an, bahagia melihat anak-anak yang shalih dan shalihah, mudah mudahan ke depannya lebih banyak siswa yang hafal Al-Quran,” katanya.

Wali dari Hanifa Yani yaitu Pak Bambang (41) asal Tambakromo Pati menambahkan, “Sangat bagus, menambah kelebihan anak dalam mengaji. Semoga tambah maju,” ujarnya. (pn-Am/Wul)