Berita

Halaman Berita

Evaluasi UAMBN Memperbaiki Mutu Madrasah

Oleh Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga - 19 Juni 2019

* Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga dalam pembukaan Evaluasi Ujian Akhir Madrasah Bersandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN- BK) Tahun 2018/2019

Salatiga - Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, Selasa, (19/6) menggelar Evaluasi Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN-BK) Tahun 2018/2019 dan Sosialisasi penulisan Ijasah di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, bagi MI, MTs dan MA.

Kegiatan berlangsung di RM Banyu Bening Salatiga, diikuti 35 Kepala Madrasah dan Guru Madrasah yang di hadiri Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Salatiga, Kasubag TU, Kasi Pendidikan Madrasah dan Pengawas Madrasah.

Kepala Kantor Kemenag Kota Salatiga, Nurudin, mengatakan kegiatan ini diselenggarakan dengan maksud mengevaluasi pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN- BK) Tahun 2018/2019 yang telah selesai beberapa bulan yang lalu, dan sebagai bentuk pertanggungjawaban yang merupakan agenda penting setelah dilaksanakannya UAMBN-BK.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan gambaran pelaksanaan UAMBN-BK, adanya hambatan dan permasalahan yang dihadapi serta usaha untuk mengatasinya, sekaligus dapat digunakan untuk mengukur mutu pendidikan,” kata Nurudin.

Ditambahkannya, UAMBN-BK adalah sistem pelaksanaan ujian akhir bagi madrasah dengan menggunakan media komputer, dan diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama. Kementerian Agama menargetkan pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berasis Komputer (UAMBN-BK) pada tahun 2018 pada seluruh Madrasah di Indonesia, dihimbau sudah berbasis komputer.

“UAMBN-BK merupakan salah satu bentuk respons Kementerian Agama terhadap perkembangan teknologi dan penguatan karakter siswa-siswi madrasah. Dengan berbasiskan komputer ini, UAMBN-BK akan memacu integritas, kejujuran dan kedisiplinan siswa-siswi madrasah dalam ujian,” ungkap Nurudin.

Dengan mengikuti UAMBN-BK, maka Kemenag sebagai penyelenggara pendidikan madrasah di Indonesia dapat mengukur tingkat keberhasilan pendidikan secara nasional sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Dengan demikian nantinya dapat dilaksanakan evaluasi terhadap hasil ujian guna peningkatan mutu pendidikan madrasah, yaitu standar mutu yang telah ditetapkan berdasarkan regualsi yang telah dirancang oleh Kementerian Pendidikan dan Kementerian Agama.

Dijelaskan oleh Nurudin, kegiatan ini mengandung maksud untuk mengevaluasi dan mempertahankan madrasah agar jauh lebih baik tingkat integritasnya. Selanjutnya ia membutuhkan masukan saran dari Kepala Madrasah, Ia berharap nantinya masukan tersebut akan menjadi bahan evaluasi ditingkat Kanwil.

“Kami sangat membutuhkan saran dan masukan dari Kepala Madrasah khususnya berkenaan dengan pelaksanaan UAMBN-BK kali ini, yang nantinya akan kami bawa sebagai bahan evaluasi di tingkat Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah,” pungkasnya.(Khusnul-Monic/Sua).


Dibaca sebanyak 78 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


LITERASI CARA MENAMBAH WAWASAN DAN PENGETAHUAN SISWA Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak - 15 Oktober 2019

Pencegahan Narkoba Wujud Kepedulian terhadap Anak Bangsa Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 14 Oktober 2019

Lebih dari 500 Guru MTs Swasta Ikuti Pembinaan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 14 Oktober 2019

Informasi Penting


Surat Edaran Gerakan Roan Akbar Administrator - 06 Oktober 2019

Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019


Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial