Berita

Halaman Berita

Event Tiga Tahunan, Pospeda, Dibuka dengan Antusiasme Penonton dan Peserta

Oleh Subbag Inmas 07 - 13 September 2019

* Sambutan Bupati Tegal, Hj. Umi  Azizah, terkait pelaksanaan POSPEDA VIII Tahun 2019, yang dipusatkan di Kab. Tegal.

Kabupaten Tegal - Sekitar 1.330 santri dari berbagai pondok pesantren di wilayah Jawa Tengah hadir di Pondok Pesantren Dar Al Quran Al Islami Tegal, untuk mengikuti dan memeriahkan acara pembukaan Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Tingkat Jawa Tengah (Pospeda Jateng) tahun 2019. Dengan mengangkat tema “Mengokohkaan Karakter, Sportivitas, Kebersamaan, dan Budaya Untuk Kejayaan Negeri,” POSPEDA VIII Tahun 2019 dibuka pukul 20.00 WIB, Jumat petang, (13/9).

Dimulai dengan pentas tari sufi dari para santri, dilanjutkan masuknya barisan peserta yang tergabung dalam beberapa kontingen mewakili kab/kota masing-masing.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Farhani, dihadiri oleh Bupati Tegal, Hj. Umi  Azizah beserta Forkompida Kab. Tegal. Para Alim Ulama, Kyai, sesepuh, dan tokoh masyarakat. Pengasuh Ponpes  Dar Al Qur’an Al Islami, KH. Abdullah Ubaid, AH, Kepala Dikporapar Prov. Jawa Tengah, Kakankemenag kab/kota se Jawa Tengah, Kasi PD Pontren/Pakis, dan ketua FKPP se Jawa Tengah.

Dalam laporannya, H. Nur Abadi, Kabd PD. Pontren Kanwil Kemenag Jawa Tengah mengatakan bahwa Kementerian Agama selalu berupaya meningkatkan mutu santri.

“Kantor Wilayah Kementerian Agama mempunyai tugas dan tanggung jawab memberikan pembinaan dan pengembangan terhadap lembaga keagamaan, Ponpes, TPQ, madin, dan majelis taklim, baik secara mutu akademik maupun keterampilan, skill dan keahlian pada bidang lain, baik dalam bidang seni dan olahraga,” ucap Nur Abadi.

Sedangkan Bupati Tegal, Hj. Umi Azizah, dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang bagi peserta, official dan rombongan dari daerah, sekaligus juga memberikan semangat untuk dapat berkompetisi dalam bakat dan kreativitas atas dasar nilai keagamaan.

“Saya meyakini, penyelenggaraan POSPEDA ini bukan hanya skedar kompetisi olahraga dan seni, bukan hanya ingin menjadi juara, tetapi  adalah wahana yang tepat untuk mengembangkan bakat dan kreativitas para santri yang berbasis nilai-nlai keagamaan,” terang Umi Azizah.

Umi Azizah juga memberi pesan sportivitas terkait kompetisi Pospeda kali ini.

“Untuk para santri kedepankan sportivitas, kejujuran, dan jangan lupa jaga kondusifitas. Tunjukkan kemampuan terbaik kalian semua,” pesan Bupati Tegal.

Bupati juga menyisipkan ajakan untuk menikmati kuliner khas Kab. Tegal ataupun tempat wisata yang terdapat di wilayahnya ini untuk dikunjungi.

“Setelah kompetisi selesai, silahkan kunjungi tempat wisata di Kab. Tegal, ada pemandian air panas Guci, agro wisata kebun teh Tegal dan yang lainnya. Jangan bawa pulang kembali uang sakunya, belikan oleh-oleh buat bapak/ibu dirumah,” sarannya.

Nomor yang dipertandingkan dalam POSPEDA VIII tahun ini ada sebanyak 9 pertandingan, yakni Lomba Hadroh, Lomba Kaligrafi Mushaf Al Qur’an, Lomba Kaligrafi Seni Lukis Ilami, Lomba Seni Kriya, Lomba Stand Up Comedy, Lomba Cipta Baca Puisi, Lomba Pidato Bahasa Arab, Lomba Pidato Bahasa Indonesia, Lomba Pidato Bahasa Inggris. Dengan keseluruhan 2.137 peserta, sebanyak 1.330 santri untuk bidang Seni, dan 807 santri untuk bidang olahraga.(Gt-Sua/Sua)


Dibaca sebanyak 101 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Upaya Mewujudkan Madrasah Ramah, MTsN Kota Tegal Gandeng DP2KBP3A Kantor Kementerian Agama Kota Tegal - 18 Oktober 2019


Mewadahi Aspirasi Guru PAI, DPD AGPAII Dilantik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 18 Oktober 2019

Informasi Penting


Surat Edaran Gerakan Roan Akbar Administrator - 06 Oktober 2019

Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019


Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial