Berita

Halaman Berita

Fika Desta Sandratara, CPNS dari Penyandang Disabilitas

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang - 11 Juni 2019

* Fika Desta Sandratara (berkacamata) ketika diwawancara, Selasa (11/6/2019).

Rembang - Mempunyai keterbatasan fisik tak menghalangi Fika Desta Sandratara untuk meraih kesuksesan. Layaknya rekan-rekannya yang normal, wanita yang akrab disapa Fika ini berhasil meraih asa yang banyak orang impikan, yaitu menjadi seorang CPNS.

Fika adalah satu dari puluhan ribu CPNS yang berhasil mendapatkan SK CPNS pada Jumat (31/5/2019)  dari Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi  Jawa Tengah. Siapa sangka, wanita penyandang disabilitas, yaitu tuna netra ini mendapatkan posisi pengajar mapel SKI di MIN 1 Rembang.

Ditemui secara khusus pada Selasa pagi (11/6/2019), wanita kelahiran Desember 1986 ini mengaku sering mendapati orang-orang di sekelilingnya menjatuhkan mentalnya untuk mendapatkan pekerjaan yang layak.

Namun bukan begitu pemikiran orang tua Fika. Ayah dan Ibunya mendorong Fika untuk bersekolah setinggi mungkin. Tujuannya, agar satu-satunya anak perempuan ini memiliki bekal untuk mendapatkan hidup yang berkualitas layaknya orang pada umumnya, meskipun memiliki keterbatasan.

Setamat SDLB, SMP, dan SMA, Fika pun akhirnya meraih gelar sarjana di Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Fika mengaku lebih memilih sekolah umum, agar mendapatkan kesempatan untuk bersaing dengan teman-teman lainnya. “Sewaktu di SMP, saya tinggal di asrama khusus penyandang disabilitas. Namun saya sekolah di SMP, karena saya ingin mempunyai banyak teman,” ungkap Fika.

Wanita yang sudah mempunyai satu putra ini sempat menimba pengalaman kerja di sebuah percetakan yang mencetak produk untuk komunitas tunanetra. Salah satu produknya adalah Alquran braille. Fika mengaku, kecanggihan teknologi mendorong dirinya semakin optimis dalam bekerja. Pasalnya, baik gagdet maupun laptop sudah tersedia aplikasi untuk tuna netra.  

Dia mengungkapkan, orang tuanya memang mengajarkan dirinya untuk dapat hidup mandiri. Akhirnya, atas dorongan orang tuanya pula, Fika bertekad mengikuti seleksi CPNS di Kementerian Agama tingkat Provinsi Jawa Tengah. “Saya bersama dengan sekitar 30 penyandang disabilitas lainnya bersama-sama mengikuti seleksi CPNS. Dan Alhamdulillah, saya lolos,” ucapnya haru.

Fika menganggap, keterbatasan yang dimilikinya tidak akan menjadi penghalang bagi dirinya untuk terus menebar manfaat bagi orang lain dan meningkatkan kualitas hidupnya. Meskipun terkadang, di tengah perjalanan hidupnya, tak sedikit orang yang mencibirnya.

“Dengan insting mata hati saya, saya yakin tak ada bedanya saya dengan yang lain. Semua orang itu sama, ada yang baik yang yang buruk. Begitu juga kami yang tuna netra ini, tentu tidak semuanya baik, ada yang buruk juga. Sehingga tak ada beda. Hanya yang saya syukuri, dengan keterbatasan saya ini, Allah menjauhkan saya dari dosa mata,” paparnya.

Wanita yang mempunyai hobi menulis ini menilai lapangan pekerjaan untuk penyandang disabilitas masih minim. Karenanya, dia berharap, pemerintah menambah kuota atau memfasilitasi lapangan pekerjaan untuk mereka.

Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang, Atho’illah mendorong segenap ASN untuk memiliki semangat dalam bekerja. Menurutnya, mereka yang mempunyai kekurangan saja mempunyai semangat yang tinggi untuk sukses. “Semoga ini menjadi inspirasi bagi kita semua, juga kepada semua masyarakat, agar mempunyai cita-cita yang tinggi, kendati penuh dengan keterbatasan. Mbak Fika adalah gambaran orang yang tidak mudah menyerah dengan keadaan,” papar Atho’illah. -- (iq/gt)


Dibaca sebanyak 249 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


ASN Kemenag Wonosobo Harus Menjadi Alat Negara Mewarnai Kehidupan Beragama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo - 17 September 2019

Dandim 0726 Sukoharjo Ingin Siswa MIN 2 Sukoharjo Mencintai Negaranya Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukoharjo - 17 September 2019

Siswa MIN 2 Kendal Ukir Prestasi di Kejurnas Taekwondo Kapolri Cup 2 di Jakarta Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal - 17 September 2019

Informasi Penting


Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019



Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial