Berita

Halaman Berita

FKDT Cilacap Latih 1.975 Santri Madrasah Diniah Manasik Haji

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap - 08 Oktober 2019

* Santri Madin se Kabupaten Cilacap dengan serius mengikuti kegiatan manasik haji yang diselenggarakan oleh FKDT Kabupaten Cilacap

Cilacap – Forum Komunikasi Madrasah Dinayah (FKDT) Kabupaten Cilacap menggelar kegiatan pelatihan manasik haji untuk santri Madrasah Diniyah. Kegiatan yang bertujuan memperkenalkan rukun Islam yang ke 5 yaitu menunaikan ibadah haji, dilaksanakan di Lapangan Desa Kalisabuk Kecamatan Kesugihan, Minggu (/9/2019).

Ketua Panitia acara tersebut,Wasikin  mengatakan kegiatan pelatihan manasik haji yang dilaksanakan 2 tahun sekali ini mengambil tema ‘Menumbuhkan Semangat Berhaji Sejak Dini’. Menurutnya, dalam momen kegiatan manasik haji ini diikuti kurang lebih 1.975 peserta dari 65 madrasah diniyah  yang ada di Kecamatan  Kesugihan dan Jeruklegi.

“Ini adalah program tahunan yang diharapkan menjadi pengenalan tata cara haji sejak dini,” ungkap Wasikin.

Wasikin menjelaskan, para peserta tersebut akan mengikuti semua peragaan manasik haji dari mulai membaca niat haji, wukuf membaca talbiyah, wukuf di Arofah sambil membaca Surat Al Ikhlas dan doa untuk kedua orang tua, melempar Jumroh, mengelilingi Ka’bah, Thowaf, berlari – lari kecil dari bukit Sofa ke bukit Marwah,Tahalul menggunting rambut dan minum air zam –zam.

Sementara itu, Kasi Pendidikan diniyah dan Ponpes, Banu Tholib  menyampaikan apresiasi atas kegiatan yang diselenggarakan dan berharap kedepan yang mengikuti tidak hanya 2 kecamatan tapi seluruh madin yang ada di Cilacap

“Kegiatan ini adalah kegiatan yang sangat baik, harapannya kedepan tidak hanya 2 kecamatan tapi seluruh madin yang di Cilacap,” kata Banu.

Banu Tholib juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta manasik, yang telah mengikuti peragaan manasik haji ditahun ini. Dirinya berharap dan mendoakan agar semua peserta manasik haji, baik anak – anak dan orang tuanya dapat dipermudah dalam menunaikan ibadah haji. (meip/gt)


Dibaca sebanyak 104 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Kankemenag Banjarnegara Gali Inspirasi Pengelolaan ke LAZ Al Ihsan Semarang Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara - 06 Desember 2019

Purnabakti Sebagai PNS Awal Pengabdian Untuk Masyarakat Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 06 Desember 2019

Kasubbag Pati Evaluasi Tupoksi Kinerja Staf Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 06 Desember 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial