Berita

Halaman Berita

FK.KBIH Kabupaten Batang Tandatangani MoU Dengan Calon Jamaah Haji Kab. Batang

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang - 08 November 2019

* Kepala Kantor Kemenag Kab. Batang menyaksikan dan ikut menandatangani MoU antara KBIH dengan calon jamaah haji kab. Batang tahun 2019

Batang – Dihadapan Kepala Kantor Kemenag Kab. Batang, para ketua KBIH se Kabupaten Batang melakukan penandatangan Nota Kesepahaman dengan para calon jamaah haji kabupaten Batang tahun 2020 serta menandatangani pakta integritas. Acara yang digagas oleh pengurus FKBIH itu diselenggarakan di aula kantor kemenag kab. Batang pada Kamis (7/11) kemaren. Hadir dalam acara itu semua Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Kab. Batang, ketua KBIH serta wakil calon jamaah Haji tahun 2020 .

Dalam sambutanya ketua FKKBIH Kab. Batang KH. Zaenal Arifin menyatakan teriakasihnya pada kemenag Kab. Batang yang telah memfasilitasi tempat serta administrasinya, sehingga acara penanda tanganan MoU dan pakta integritas ini dapat terlaksana dengan baik.

“Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada kementerian agama, kususnya seksi penyelenggaraan Haji dan Umroh yang telah melakukan pembinaan dan memfasilitasi kegiatan ini, sehingga berjalan dengan baik,” katanya.

Selain itu dia juga menyampaikan bahwa KBIH di Kabupaten Batang ini yang tercatat ada 9, namun yang aktif hanya 6 dan pada kesempatan ini hadir semua, untuk itu saat ini harapannya dapat memperoleh bimbingan dan arahan dari bapak Kepala Kantor Kemenag.

Sementara itu Taufik Rahman Kepala Kantor Kemenag Kab. Batang dalam sambutan pembinaannya menyampaikan arti pentingnya MoU bagi KBIH,Calon Jamaah Haji maupun bagi pemerintah.

“ Kita harus pahami tugas dan fungsi masing-masing baik KBIH maupun Pemerintah. Jamaah haji merupakan ladangnya kementerian agama selaku pemerintah, karena tupoksi yang melekat secara undang-undang, sementara KBIH merupakan pelaksana bimbingan ibadah haji yang didasarkan pada undang-undang juga, untuk itu pahamilah regulasi secara cermat dan seksama sehingga dalam pelaksanaan tugasnya itu benar-benar sesuai aturan dan dapat dipertanggung jawabkan secara hukum,” katanya.

Taufik juga menyerukan kepada seluruh KBIH untuk melakukan kegiatannya secara terbuka, akuntabel dan bertanggung jawab, maksudnya dapat memberi bimbingan pada calon jamaah haji dengan tertib, dan menyenangkan bagi jamaah.

“Saya ingin semua KBIH untuk saling terbuka, jangan saling bertentangan, bila ada persoalan dan stetemen untuk jamaah juga harus transparan dan akuntabel, hindarkan hal-hal secara tertutup, bila itu dilakukan maka jamaah haji kita akan tentram, nyaman dan puas melaksanakan ibadah hajinya,” serunya.

Selain itu Taufik juga menegaskan bahwa KBIH selain bertugas menghantarkan tamu-tamu Allah, juga memberikan ilmu dan pengalaman untuk jama'ah, maka dari itu KBIH harus mempunyai ijin. Pengelolaan KBIH merupakan para tokoh dan profesianal, dengan tujuan Lillah untuk mengantarkan calon2 tamu Allah berangkat Haji, semua itu merupakan bentuk kegiatan untuk membantu Kemenag dalam melancarkan kegiatan haji.

“Pemungutan dana kepada calon haji untuk bimbingan harus legal, dimusyawarahkan dan harus transparan, hal inilah yang mendasari diadakannya penadatangan MoU yang berisi kesepakatan terkait iuran bimbingan calon haji tahun 2020,” tegasnya.(Zy/qq)


Dibaca sebanyak 66 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Kali ke-3 Kafilah Kab. Pati Pertahankan Juara Umum MTQ Pelajar Tingkat Provinsi Jawa Tengah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 20 November 2019

KKM 1 MI Kota Semarang Raih Juara I Tenis Meja HAB Kemenag Tingkat Kota Semarang Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 20 November 2019

KKRA Dituntut Bisa Membawa RA Lebih Baik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak - 20 November 2019

Informasi Penting


Penetapan Peserta Terbaik MTQ Pelajar XXXIV 2019 Administrator - 20 November 2019

Rekrutmen Penyuluh Agama Buddha Non PNS 2020 Administrator - 20 November 2019

Materi Rakor PBJ Hotel Grasia Semarang Administrator - 18 November 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial