Berita

Halaman Berita

Ganjar: Menghargai Perbedaan Menghormati Keberagaman

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar - 13 Februari 2020

* Sarasehan & Dialog Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo bersama Gus Miftah dan tokoh agama di SMK N 8 Surakarta.

Karanganyar -  Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, bersama  Walikota Solo, FX. Hadi Rudyatmo, Plt. Kepala Kanwil Jateng, Ahyani, Ketua MUI Jateng, KH. Ahmad Daroji serta Kepala Kemenag se eks karisidenan Surakarta hadir pada acara Sarasehan dan Dialog Penguatan NKRI yang di gelar di Aula SMKN 8 Surakarta, Rabu, (12/2).

Adapun terselenggaranya dialog dan sarasehan Kebangsaan Milineal ini memiliki tujuan yang hendak dicapai, yaitu memantapkan persatuan dan kesatuan antar generasi muda. Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah mengatakan bahwa kita ini dilahirkan dengan perbedaan, jadi kita harus hormati perbedaan itu.

“Islam itu pada dasarnya membawa rahmatan lil alamin, Islam juga membawa cinta dan kasih sayang. Saya mengajak kaum milenial ini menggunakan sosial media untuk menyampaikan kebenaran dan kebaikan. Kita harus bersama-sama menjaga Indonesia tercinta ini,” ujar Ganjar.

Ditemui ditempat terpisah. Plt. KanKemenag Kab. Karanganyar, Wiharso, menyampaikan bahwa Kegiatan dialog dan sarasehan Milinial ini merupakan upaya pemerintah untuk menumbuhkan jiwa Nasionalisme pada kalangan muda.

“Globalisasi menjadi pemicu semakin memudarnya jiwa nasionalisme pada sebagian generasi muda bangsa. Semakin mengakar dibeberapa pihak atau golongan, ditambah kurangnya penanaman jiwa atau semangat nasionalisme pada generasi muda bangsa yang membuat budaya asing dengan mudahnya mempengaruhi pola pikir. Dan efeknya, pada jiwa patriotisme kurang nampak,“ ujar Wiharso.

Lebih lanjut, Wiharso menyampaikan Kondisi masyarakat yang dinamis menjadi tantangan tersendiri bagi pihak terkait untuk membentengi generasi muda penerus bangsa dari berbagai pengaruh negatif globalisasi.

“Persatuan dan kesatuan bangsa tidak sekokoh dulu di zaman pasca proklamasi. Untuk menanggulangi hal tersebut dibutuhkan tindakan yang terkoordinasi agar semangat nasionalisme atau jiwa nasionalisme pada generasi muda bisa tertancap dengan kokoh sehingga nilai-nilai kebangsaan menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Seperti mengembalikan pendidikan moral dan Pancasila pada dunia pendidikan yang selama ini sudah dihapuskan,” tutur Wiharso. (ida-hd/sua)


Dibaca sebanyak 61 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Ihsan Muhadi Ingin Pengelola RA/BA Mengamalkan Lima Budaya Kerja Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukoharjo - 28 Februari 2020

Penyerahan SK Mutasi ASN di lingkungan Kemenag Kab. Brebes Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes - 28 Februari 2020

Kemenag Pati Serahkan Zakat Profesi ASN ke Baznas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 28 Februari 2020

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial