Berita

Halaman Berita

Gerakan Kurangi Plastik dan Jumput Sampah Perindah Wajah Madrasah

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 14 Januari 2020

* Gerakan Kurangi Plastik dan Jumput Sampah Perindah MTsN 1 Pati.

Pati - Setelah sukses dengan gerakan jariyah istiqomah yang dilakukan oleh seluruh siswa dan guru sehingga menghasilkan sebuah bangunan masjid Baitul Makmur dan kantin Tsantiq yang megah, diawal semester genap tahun pelajaran 2019/2020, MTsN 1 Pati meluncurkan beberapa program unggulan fenomenal, salah satunya adalah program Kurangi Penggunaan Plastik dan Jumput Sampah. Hal itu dilakukan madrasah dalam rangka mensukseskan program pemerintah dan mewujudkan visi madrasah sebagai Madrasah Berkarakter.

Yang memiliki konsep atau dalil tentang kebersihan dan kesehatan adalah orang islam, maka sangat ironis jika kita sebagai orang islam sendiri tidak mau melaksanakan, untuk itu selaku lembaga pendidikan islam, madrasah hukumnya wajib melaksanakan program dan dalil tersebut, kata kepala MTsN 1 Pati Ali Musyafak saat ditemui Humas Kemenag Pati di sela - sela memantau pelaksanaan program kurangi penggunaan plastik di halaman madrasah, Selasa (14/1/2020).

Syafak menambahkan, banyak kegiatan yang mudah dan ringan tetapi berat untuk dilaksanakan jika tidak ada minat dan kemauan yang besar.

Sorayya, salah satu siswa kelas IX merasa senang dengan adanya program ini, menurutnya, dengan membawa tempat jajan sendiri dari rumah, pasti tempatnya lebih haginis, dan bisa dinikmati lebih lama, disamping itu yang lebih penting, lingkungan madrasah kami nampak lebih bersih, sehingga sekolah kami jadi madrasah yang sehat.


Ahmadi, salah satu penjual jajanan di madrasah juga sependapat dengan program madrasah tersebut, sebab kami pun ingin melayani anak-anak dengan sepenuh hati, dan efeknya sangat bagus bagi kebersihan dan kesehatan madrasah.

Sementara, Pak Makruf, salah satu tenaga kebersihan MTsN 1 Pati, merasa sangat bersyukur atas program tersebut, “Tugasku sekarang sangat ringan, karena biasanya sampah sangat menumpuk setiap harinya, akan tetapi setelah ada program ini, sampah nya berkurang drastis, sehingga tugas kami semakin ringan dan dapat digunakan untuk mengurusi kegiatan yang lain,” ujarnya.

Kini madrasah tsanawiyah negeri 1 Pati nampak semakin bersih dan cantik, sehingga dapat membuat nyaman dan kerasan para siswa, guru, dan tamu yang dating. Semoga kondisi ini dapat mewujudkan madrasah berkarakter yang salah satu slogannya adalah BERSINAR ( Bersih, Sehat, Inklusif, Aman, dan Ramah lingkungan). (Am/qq)


Dibaca sebanyak 64 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial