Berita

Halaman Berita

Guru BK Sebagai Pionir Dalam Peningkatan Mutu Madrasah

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Semarang - 12 September 2019

* Suasana Pembukaan Kegiatan "Profesor Goes To School"

Ungaran – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Semarang bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Profesi (LP3) UNNES menggelar kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan bertajuk "Professor Goes To School" di Aula Setempat, Senin (9/9).

Menghadirkan 100 orang guru Bimbingan Konseling (BK) tingkat Tsanawiyah dan Aliyah, Kakankemenag Kab.Semarang, Muhdi, dalam sambutannya berharap agar pasca kegiatan, guru BK mampu memberikan fasilitasi pengembangan peserta didik dengan baik dan terarah, untuk meminimalisir adanya kenakalan remaja di bangku madrasah.

“Meski bimbingan dan konseling bukanlah mata pelajaran yang harus dikuasai oleh peserta didik, akan tetapi guru BK sangat berperan dalam pengelolaan dan manajemen masalah peserta didik. Karenanya, guru BK sebisa mungkin harus selalu dekat dengan para siswa,” ungkap Muhdi.

Disamping itu, tuntutan zaman digital dimana semua hal harus serba cepat dan mudah juga harus dijadikan motivasi tersendiri bagi guru-guru BK agar menjadi pribadi yang inovatif, yang dapat menggerakkan suatu gerakan sosial perubahan ke arah yang lebih baik.

“Kiranya sudah saatnya guru BK menjadi pionir dalam upaya meningkatkan mutu madrasah yang bercirikan keagamaan, disamping mengajarkan materi-materi umum lainnya,” lanjutnya.

Selebihnya terkait banyaknya guru BK yang pendidikannya belum linear, Muhdi tidak terlalu mempermasalahkan hal tersebut, karena yang terpenting adalah usaha untuk menjadikan berbagai tantangan di dunia pendidikan menjadi sebuah peluang yang harus terus diperjuangkan.

“Saya yakin yang hadir ini belum semua pendidikannya linear. Namun demikian, sejatinya hal tersebut bukanlah yang utama karena yang terpenting adalah bagaimana usaha kita menjadi motivator yang handal, yang bisa menjadikan tantangan sebagai sebuah peluang,” pungkasnya. (shl/Sua)


Dibaca sebanyak 23 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Pembukaan Pospeda VIII Tahun 2019 Sukses dan Meriah Subbag Inmas 07 - 13 September 2019


Banyak Prestasi Yang Di Capai Kemenag Jawa Tengah Subbag Inmas 02 - 13 September 2019

Informasi Penting


Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019



Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial