Berita

Halaman Berita

Guru Disiplin, Murid pun Rajin

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 07 Juni 2018

* Kasi Pendidikan Madrasah, Sudiono dan Pengawas RA/BA/MI Kecamatan Kalimanah, M. Aris Sumanto bersama para Kepala/Guru RA/BA/MI/MTs usai kegiatan Pembinaan ,Rabu (06/06).

Purbalingga – Guru adalah teladan. Ia harus disiplin dalam berpakaian. Penampilan dengan pakaian dinas harus matching, berkerudung rapih jika guru putri, mengenakan atribut, identitas nama, lencana KORPRI, ID card dan sepatu yang bersemir. Guru juga harus disiplin dalam mengajar. Mengajar meliputi persiapan administrasi, persiapan materi dengan setidak-tidaknya membaca terlebih dahulu materi yang akan disampaikan kepada para peserta didik, serta mempersiapkan alat/bahan. Hal tersebut disampaikan oleh Kasi Pendidikan Madrasah, Sudiono kepada 138 guru RA/ BA/ MI/ MTs se-Kecamatan Kalimanah di aula PPAI setempat, Rabu (06/06).

“Materi yang disampaikan guru juga harus nyambung dengan administrasi yang telah dibuat sehingga materi tidak melenceng atau asal mengajar, sekedar untuk memenuhi tanggung jawab saja. Jangan sampai kaidah kurikulum tidak tersampaikan kepada peserta didik,” ungkap Sudiono.

Ia menambahkan agar para guru tetap bersemangat dalam berjuang menghadapi PPDB.

“Bapak-Ibu harus bangga menjadi guru madrasah. Tunjukkan prestasi madrasah yang telah diraih. Madrasah di era sekarang menjadi incaran masyarakat yang ingin menyekolahkan anaknya. Tugas kita adalah berupaya bagaimana agar kepercayaan masyarakat tetap terjaga. Caranya adalah dengan silaturahmi, komunikasi dan kerja sama yang baik. Guru MTs rukun dengan Guru MI, Guru MI juga harus rukun dengan guru RA. RA, MI dan MTs adalah satu rumah, dirumat bersama-sama. Bilamana perlu saling memfasilitasi. Kuncinya ada pada komunikasi,” tegasnya.

Pengawas RA/ BA/ MI Kecamatan Kalimanah, Muhammad Aris Sumanto mengajak kepada para guru untuk disiplin waktu. Guru dituntut dapat menggunakan waktu seefektif mungkin sehingga hasil kegiatan belajar lebih maksimal. Guru juga wajib menjadi teladan yang baik (uswatun hasanah) bagi peserta didiknya.

“Seorang guru wajib memberikan keteladanan. Apabila ada aturan untuk peserta didik tidak boleh membawa HP, maka guru harus memberi contoh dengan tidak bermain HP ketika di dalam kelas. Jika gurunya disiplin, murid pun akan rajin,” ajak Aris. (sar/gt)


Dibaca sebanyak 39 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Data EMIS Akurat, Kebijakan dan Perencanaan Akan Tepat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten - 15 Agustus 2018

Persiapkan Maju KSM Nasional, Nayla Tsabita Al Hanun Intensifkan Drilling Soal Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri - 15 Agustus 2018

Kemenag dan Pemkab Klaten Beri Sosialisasi Proses Bantuan Hibah Ponpes Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten - 15 Agustus 2018

Informasi Penting


Penggalangan Bantuan Untuk NTB Administrator - 07 Agustus 2018


Rencana Perjalanan Haji (RPH) 1439H Perubahan Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 16 Juli 2018

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial