Berita

Halaman Berita

Guru Harus Selalu Berinovasi Dalam Setiap KBM

Oleh Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta - 06 September 2019

* Sri Hartati (kanan) saat melaksanakan kegiatan supervisi di MAN 2 Surakarta. (4/9)

Surakarta – Dalam rangka meningkatakan kualitas pembelajaran dan salah satu bentuk upaya bersama untuk meningkatkan mutu pendidikan di madrasah, pengawas Pendidikan Madrasah (MA) Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta mengadakan supervisi terhadap guru CPNS di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Surakarta. Kegiatan supervisi ini dilaksanakan selama 2 hari, Rabu dan Kamis (4-5/9) melibatkan hampir seluruh guru CPNS (7 orang) yang ada di MAN 2 Surakarta.

Menurut Sri Hartati, pengawas yang melaksanakan supervisi, mengatakan bahwa setiap guru harus selalu mempersiakan perangkat administrasi sebelum memulai proses belajar mengajar di kelas.

“Meskipun perangkat administrasi untuk semua guru sudah dipersiapkan dengan baik,  tapi sering kali masih lemah dalam segi praktiknya di kelas, hal ini masih ditemukan dalam proses KBM di kelas”, ucap Hartati.

Hartati, yang saat supervisi kali ini didampingi oleh waka kurikulum, Sita Kurniasari M. Si juga mengharapkan seorang guru mengajar di kelas hendaklah selalu berpedoman pada RPP yg ia punya sehingga materi yang diajarkan bisa tercapai dan selalu berinovasi dalam menjelaskan materi kepada siswa dan peka terhadap keberadaan siswa.

“Selalu menggunakan metode mengajar yang bervariasi, bisa dengan menggunakan media elektronik, memanfaatkan perpustakaan atau literasi serta memanfaatkan lingkungan sekitar sehingga siswa diharapkan merasa selalu bergairah dalam belajar”, tambah Hartati.

Selain itu dalam kegiatan belajar mengajar seorang guru bisa juga mengadakan kolaborasi dengan teman sejawat yang bisa dilaksanakan secara Outdoor atau Indoor sesuai dengan materi yang diajarkan sehingga kegiatan belajar mengajar akan lebih berwarna.

“Dalam setiap memulai pelajaran atau dalam memberikan apersepsi kepada siswa setiap guru madrasah haruslah menghubungkan semua materi yang diajarkan dengan cptaan Allah SWT, sehingga akan membentuk karakter siswa sebagai siswa madrasah yang sholeh dan Sholeha,’ pungkas Hartati (tatik-an/bd)


Dibaca sebanyak 49 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Pembukaan Pospeda VIII Tahun 2019 Sukses dan Meriah Subbag Inmas 07 - 13 September 2019


Banyak Prestasi Yang Di Capai Kemenag Jawa Tengah Subbag Inmas 02 - 13 September 2019

Informasi Penting


Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019



Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial