Berita

Halaman Berita

Guru PAI Ngopi, Peran Guru Bagai Gula dalam Kopi

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 05 September 2019

* Kegiatan Ngopi yang digelar Seksi PAIs, Rabu (4/9) diikuti para guru dan Pengawas PAI dengan pembicara Kepala Kankemenag, Kepala Dindikbud Purbalingga dan Bidang PAIS Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah.

Purbalingga – Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam dunia pendidikan di mata masyarakat bagaikan gula dalam secangkir minuman kopi. Filsafat tersebut dikemukakan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga, Karsono dalam kegiatan Ngopi – Ngobrol Pendidikan Agama Islam yang digelar Rabu (4/9). Kegiatan yang mengangkat tema Penguatan Guru PAI sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas PAI di sekolah tersebut diselenggarakan Seksi Pendidikan Agama Islam bertempat di Wisma Tien Catering Jl. Ketuhu Wirasana diikuti 50 orang Guru PAI SD, SMP, SMA/SMK se-Purbalingga.

Menurut Karsono para guru adalah orang yang paling kuat dan guru-guru PAI adalah manusia-manusia super.

“Guru PAI ibarat gula dalam minuman kopi. Jika kopinya terlalu pahit, maka yang disalahkan gula karena kurang banyak. Sebaliknya ketika kopi dirasa terlalu manis gula pula yang disalahkan karena terlalu banyak jumlahnya. Namun saat kopi terasa nikmat karena pas ramuannya, maka yang dipuji adalah kopi. Katanya kopi ini terasa nikmat sekali. Andilnya gula dalam minuman kopi tidak pernah dipuji,” ungkapnya berfilsafat.

Jika ada kenakalan remaja atau siswa yang berperilaku tidak baik, maka guru PAI yang disalahkan. Namun saat anak berperilaku baik dan berprestasi orang tuanyalah yang inginnya dipuji.

Ia pun menghimbau para guru untuk menginventarisir permasalahan yang ada dan dikemukakan kepada para pemangku kebijakan. Pihaknya menyadari kurangnya guru PAI untuk sekolah di Purbalingga, hal tersebut dikarenakan belum ada pengangkatan. Sedangkan di sisi lain para wiyata bakti kesejahteraannya belum mendapatkan perhatian yang lebih baik.  

Kasi Pendidikan Agama Islam, Sugeng Riyadi dalam sambutannya mengungkapkan, kegiatan tersebut  bertujuan sebagai wadah bagi Guru PAI untuk menyampaikan aspirasinya terkait berbagai permasalahan yang dihadapi di sekolah.

“Tujuan lainnya adalah untuk menumbuhkan semangat juang dalam upaya mewujudkan Pendidikan Agama Islam di sekolah sesuai dengan amanat UU Sisdiknas Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Yaitu mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pihaknya menghadirkan narasumber dari Bidang PAIS Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Muizzuddin dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purbalingga, Setiadi.

“Dengan hadirnya kedua narasumber ini diharapkan semua permasalahan yang dirasakan oleh para guru PAI akan ditemukan solusinya,” harapnya. (sri_sar/      )


Dibaca sebanyak 82 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Pembukaan Pospeda VIII Tahun 2019 Sukses dan Meriah Subbag Inmas 07 - 13 September 2019


Banyak Prestasi Yang Di Capai Kemenag Jawa Tengah Subbag Inmas 02 - 13 September 2019

Informasi Penting


Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019



Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial