Berita

Halaman Berita

Hari Kedua Peserta Bimbingan Manasik Haji Tetap Antusias

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang - 19 Juni 2019

* Swasana hari ke dua Bimbingan manasik haji Kabupaten Batang di Hotel Dewi Ratih Batang

Batang – Bimbingan Manasik haji hari ke dua di Hotel Dewi Ratih pada hari ini Rabu (19/06) masih diikuti oleh para calon jamaah haji kabupaten Batang dengan antusias. Hal ini ditandai dengan presensi yang hadir masih sama seperti hari pertama.

Materi yang disampaikan pada calon jamaah haji di hari ke dua ini adalah tentang kesehatan yang disampaikan oleh dinas kesehatan dan manasik haji oleh pejabat dari kementerian Agama Kab. Batang.

Pemateri dari dinas Kesehatan Yuli Suryandaru dalam materinya menyampaikan berbagai hal yang menyangkut tentang antisipasi, informasi maupun tindakan dari kesehatan terhadap jamaah haji .

“Tujuan penyelenggaraan kesehatan haji adalah menyiapkan Jemaah Haji menuju Istithaah  (Kemampuan untuk mengikuti perjalanan haji), pengendalian faktor risiko Kesehatan  Haji, Menjaga dan meningkatkan kondisi kesehatan Jemaah haji di Indonesia selama dalam perjalanan dan di Arab Saudi, menjaga terjadinya penularan penyakit yang berpotensi wabah yang kemungkinan dapat terbawa oleh  Jemaah haji, serta penguatan pemberdayaan masyarakat”, katanya.

Dia juga memberikan saran terhadap calon jamaah haji agar selama berangkat, pelaksanaan hingga pemulangan tetap terjaga kesehatannya harus benar-benar memperhatikan berbagai hal untuk dirinya sendiri.

“Agar calon jamaah haji tetap dalam kondisi sehat, saya sarankan agar selalu makan makanan yg bergizi dan buah-buahan, hindari aktifitas berlebihan, melakukan peregangan terutama setelah perjalanan jauh, periksa kesehatan secara teratur dan minum obat sesuai jenis penyakit yg diderita, selalu menggunakan payung saat diluar Pondokan, meggunakan payung saat diluar pondokan, minumlah air putih/air zam-zam sesering mungkin, selalu menggunakan Masker, meggunakan alas kaki jika berada di luar ruangan, hindari kontak langsung dg unta seperti foto bersama unta dan minum susu unta di peternakan, bagi wanita yg masih haid dianjurkan untuk konsultasi dg dokter, jangan menahan buang air kecil, dan tidak merokok, bila semua itu terpenuhi insyaallah calon jamaah haji akan selalu sehat saat berangkat, melaksanakan ibadah hingga pemulangan”, jelasnya.

Sementara itu materi kedua yang disampaikan oleh Agus Nugroho menjelaskan tentang manasik haji dengan dengan berbagai hal yang menyangkut tentang tertibnya ibadah.

“Manasik haji dibagi menjadi tiga yaitu (1) Ifrad adalah melakukan amalan-amalan haji saja tanpa umroh. Orang yang melakukan haji ifrad ini tidak berkewajiban menyembelih hadyu, (2) qiran yaitu  melakukan ibadah haji dan umrah bersamaan dalam satu niat “Allahumma Labbaika hajjan wa ‘umratan”, hal ini berkewajiban menyembelih Hadyu, dan yang (3) tamattuk, yaitu mengerjakan umrah dalam bulan bulan haji. Kemudian tinggal di Makkah dalam keadaan tidak berihram. Lalu ihram lagi untuk haji ketika tanggal 8 Dzulhijjah dan melakukan amalan haji hingga selesai. Dalam haji  tamattuk diwajibkan menyembelih Hadyu, katanya.

Dia juga menyampaikan tentang syarat, rukun, hal -hal yang menjadi wajibnya haji,ini disampaikan sebagai pengingat, meskipun para jamaah sebagaian besar telah mengikuti bimbingan baik oleh KBIH maupun ditempat lain.

“Syarat ibadah haji diantaranya adalah Islam, berakal, baligh, merdeka dan mampu, sedangkan sedangkan rukun haji yang harus dilaksankan terdiri dari ihram, wukuf, thawaf ifhadah dan sa’i, adapun hal- hal yang menjadi wajib di haji adalah Ihram dari miqat, Wukuf di Arafah sampai matahari tenggelam, Mabit (bermalam) di Muzdalifah, Mabit di Mina pada malam hari Tasyriq, Melontar jumrah, Menggundul kepala atau memendekkannya dan diakhiri Thawaf Wada, barangsiapa yang meninggalkan kewajiban haji dengan sengaja maka dia berdosa dan harus membayar dam”, tegasnya. (Zy/qq)


Dibaca sebanyak 91 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


LITERASI CARA MENAMBAH WAWASAN DAN PENGETAHUAN SISWA Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak - 15 Oktober 2019

Pencegahan Narkoba Wujud Kepedulian terhadap Anak Bangsa Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 14 Oktober 2019

Lebih dari 500 Guru MTs Swasta Ikuti Pembinaan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 14 Oktober 2019

Informasi Penting


Surat Edaran Gerakan Roan Akbar Administrator - 06 Oktober 2019

Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019


Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial