Berita

Halaman Berita

Hari Suci Nyepi Harmoniskan Alam Semesta

Oleh Subbag Inmas 04 - 23 Maret 2020

* Umat Hindu Menggelar ritual Melasti di Pantai Marina

Semarang(Inmas/Hindu) -  Hari Suci Nyepi yang jatuh setiap tahun antara bulan Maret s/d April sebagai pergantian tahun menurut kalender Saka Yang mempunyai makna Insrospeksi diri.

Kata Nyepi berasal dari kata Sepi atau mengheningkan diri. Pada  tanggal 25 Maret 2020 Umat Hindu Merayakan Hari Suci Nyepi.
Pada saat merayakan Hari Suci Nyepi Umat Hindu melaksanakan Tapa Brata yang disebut Catur Brata  yaitu amati geni, amati karya, amati lelanguan dan amati lelungan demikian  yang disampaikan Pembimas Hindu I Dewa Artasaya melalui pesan whastApp Senin (23/03).

"Artinya tidak menyalakan api, tidak bekerja, tidak bersenang-senang dan tidak bepergian selama 24 jam," kata I Dewa.

Menurutnya, terkait dengan adanya wabah covid 19 yang merebak demikian hebatnya sesuai dengan himbauan  dari pusat sampai daerah, tentu tidak mengurangi Umat Hindu untuk tidak melakukan Tapa Brata.

"Rangkaian Hari Raya Nyepi Melasti, Tawur Agung yang dilakukan tetap mematuhi himbauan tersebut dengan tidak melakukan pengerahan massa seluruh Umat Hindu Nusantara," ungkapnya.

Dewa menjelaskan, Tahun 2020 sangat berbeda dengan tahun sebelumnya dalam pelaksanaan Upacara Melasti yang dilaksanakan diseluruh Kab/Ko yg dihadiri banyak masa tapi tahun ini dibatasi hanya dihadiri paling banyak 20 orang dan umat yang hadir sudah discreening kesehatannya dengan didampingi protokol kesehatan. 

"Walau yang mengikuti dibatasi namun ritual berberjalan dengan khusuk sesuai makna dari Melasti," jelasnya.

Dalam ritualnya tak lupa Umat Hindu berdoa untuk bangsa Indonesia agar terbebas dari virus covid 19 dan kembali berjalan normal seperti yang diharapkan.

Adapun perayaan Tawur Agung akan dilaksanakan di Candi Prambanan besok tanggal 24 Maret 2020 tanpa seremonial hanya dihadiri Pandita (Pemimpin Ritual), Pinandita (Pembantu Pandita) dan panitia seluruhnya berjumlah 60 orang. (rf)


Dibaca sebanyak 49 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru



Terapkan New Normal, Kemenag Pati Berlakukan Sistem Kerja WFO untuk Pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 05 Juni 2020

Sambut New Normal, Kemenag Pati Gelar Apel Perdana Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 05 Juni 2020

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial