Berita

Halaman Berita

Haul Syeh Ahmad Mutamakkin, Simbol dakwah Islam dan keilmuan

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 10 September 2019

* Karnaval Budaya pada rangkaian Festival Kajen, Senin (09/9) peringati Haul Syeh Ahmad Mutamakkin Kajen Pati.

Pati - Tiap tanggal 10 Muharram kalender Hijriah, tepatnya Selasa (10/9/2019) di Kajen Margoyoso Pati diperingati Haul Syeh Ahmad Mutamakkin, merupakan kegiatan budaya tahunan yang rutin diselenggarakan untuk mengenang Syekh Ahmad Mutamakkin atau dikenal dengan nama Mbah Mutamakkin, sebagai simbol dakwah Islam dan keilmuan di kota santri tersebut.

Syekh Ahmad Mutamakkin atau lebih sering dikenal oleh masyarakat sebagai Mbah Mutamakkin merupakan pemuka agama yang menyebarkan agama Islam di daerah Kajen, Margoyoso Pati.

Tradisi dalam menyambut haul Mbah Mutamakkin telah diselenggarakan berbagai kegiatan seperti khataman serta menjelang puncaknya pada 10 Muharram digelar Karnaval Budaya pada rangkaian Festival Kajen Senin (09/9). Kegiatan tersebut dihadiri 34 Peserta Karnaval Budaya dari berbagai Aksi Budaya.

Cak Ulil Salah satu Tokoh Pemuda juga aktifis Masyarakat Kajen mengatakan, Kegiatan Karnaval Budaya merupakan tradisi Warga Kajen yang masih berjalan dengan baik di semua tingkat lini masyarakat dan sudah turun temurun yang tiap tahun di kembangkan sesuai perkembangan jaman.

Salah satu pertunjukan dari RW 01 RT 04 Cak ulil menuturkan bahwa Drum band yang di gadang nya merupakan drum band pilihan dan sudah menjuarai tingkat Jawa Tengah, sehingga pada saat acara karnaval masyarakat sangat antusias melihatnya.

Sumber dana dalam kegiatan tersebut Cak ulil menjelaskan bahwa semua dana diperoleh dari Swadaya masyarakat, donatur dan sumbangan tidak mengikat.

Akbar, salah satu warga asal desa Ngablak Pati saat berjumpa dengan kami juga menjelaskan, “Acara sangat meriah seneng melihatnya nya, ramai, santun, sinergi dengan pihak Polsek dan Koramil juga bagus sehingga dalam acara tidak ada kendala apapun,” ucapnya.

M. Faisol, panitia penyelenggaran haul menjelaskan berbagai rangkaian kegiatan budaya tahunan biasa dilakukan masyarakat Desa Kajen, Margoyoso untuk mengenang jasa beliau. Serta sebagai simbol dakwah dan keilmuan di Kajen. “Untuk kemarin Sabtu (7/9) digelar kegiatan walimah fahtinul quran bilghoib yang dilaksanakan pada jam 13.00, kemudian dilanjut dengan burdah pada malam harinya,” jelas Faisol

Dalam menyambut haul Mbah Mutamakkin, masyarakat sangat antusias bahkan dengan sukarela membuat nasi besek yang diserahkan kepada panitia. Kemudian usai rangkaian acara nasi besek dibagi-bagikan kepada masyarakat sekitar.

“Hampir sekitar 12 ribu nasi besek yang terkumpul hari ini. Setelah acara selesai nasi dibagikan kepada masyarakat sekitar,” pungkasnya. (Pn-Am/qq)


Dibaca sebanyak 39 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Pembukaan Pospeda VIII Tahun 2019 Sukses dan Meriah Subbag Inmas 07 - 13 September 2019


Banyak Prestasi Yang Di Capai Kemenag Jawa Tengah Subbag Inmas 02 - 13 September 2019

Informasi Penting


Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019



Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial