Berita

Halaman Berita

Ihsan Muhadi Melepas Kontingen KSM Duta Sukoharjo

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukoharjo - 14 Agustus 2019

* Kakankemenag Kabupaten Sukoharjo Ihsan Muhadi dan Kasi Penma Susilowati, memberikan pembinaan kepada peserta lomba KSM dan Peserta Pendamping, sebelum melepas keberangkatan kontingen tersebut untuk mengikuti lomba KSM tingkat Provinsi di Kabupaten Kebumen

Sukoharjo  - Sekitar 29 siswa madrasah dengan mengenakan seragam dari sekolahnya masing-masing, tampak duduk  rapi di ruang aula serba guna Kankemenag Kabupaten Sukoharjo, tampak sesekali tersenyum namun air muka tegang dan sedikit gelisah nampak terlihat jelas di wajah mereka. Betapa tidak, hari ini mereka akan diberangkatkan ke Kabupaten Kebumen menjadi duta dari kabupaten Sukoharjo untuk mengikuti lomba KSM tingkat Provinsi, berjibaku dengan soal-soal yang telah dipersiapkan oleh panitia lomba sehingga terukir namanya di piala sebagai juara.

Sebelum Kakankemenag Kabupaten Sukoharjo, Ihsan Muhadi melepas secara langsung Kontingen KSM tersebut, ia memberikan beberapa panduan yang dapat dijadikan acuan baik bagi peserta lomba maupun peserta pendamping agar dapat mengikuti gelaran lomba tersebut dengan maksimal.

Paling tidak ada 3 hal yang perlu diperhatikan, yakni berusaha sungguh-sungguh dan konsentrasi, manajemen waktu dan persiapan sebelum lomba adalah faktor yang sangat berpengaruh agar dapat mengikuti perlombann tersebut se-optimal mungkin.

“ Kompetisi artinya lomba untuk menraih gelar juara, maka berusahalah yang sungguh-sungguh untuk meraihnya, karena kita bukan lomba yang menggunakan fisik, melainkan fikiran maka konsentrasi adalah pintu masuk pertama didalam berlomba, ” pesan Kakankemenag.

Ia menambahkan selain konsentrasi, peserta lomba dianjurkan untuk berdoa terlebih dahulu semoga diberikan kemmpuan untuk mengingat semua latihan dan materi yang telah diajarkan oleh guru pembimbing. Khusus untuk pendamping, Kakankemenag juga berpesan agar tidak terburu-buru dan prepare ketika mendampingi peserta lomba.

”Jangan jadi orang yang terburuburu, sejak subuh harus sudah prepare dengan baik. Panitia bisa menyiapkan semaksimal mungkin agar anak didiknaya tidak bingung,” tandasnya.

Kakankemenag kembali mengingatkan, agar kontingen sukoharjo harus mampu mengedepankan aklakul karimah selama di tempat lomba ketika berinterkasi dengan peserta lomba dari madrasah lain se-Jawa tengah. ”Tunjukkan bahwa akhlakul karimah adalah ciri khas siswa madrasah dari Sukoharjo," katanya.

Sementara itu Kasi Penma Susilowati menginformasikan, Kontingan akan berangkat ke Kabupaten Kebumen menggunakan dua armada bus sesampainya di sana sudah disediakan Homestay yang letaknya tidak terlalu jauh dengan lokasi lomba KSM. Gelaran KSM tersebut akan berlangsung mulai tanggal  14-15 Agustus, diikuti oleh 11 cabang lomba tingkat Madrasah Ibtidaiyah, 3 cabang lomba tingkat Tsanawiyah dan 6 cabang lomba tingkat Aliyah.

Baik Kakankemenag maupun Kasi Penma, semuanya berharap kontingen kali ini ada yang berhasil melaju hingga ke tingkat Nasional sebagaimana kontingen KSM tahun lalu, dimana Sukoharjo berkesempatan mengirimkan dutanya untuk mengikuti Perhelatan KSM tingkat Nasional di Bengkulu.

“Semoga ada nanti yang tembus hingga ke tingkat nasional yang akan dilaksanakan di Manado ,“ harap Susilowati.(djp/rf)


Dibaca sebanyak 90 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Kankemenag Banjarnegara Gali Inspirasi Pengelolaan ke LAZ Al Ihsan Semarang Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara - 06 Desember 2019

Purnabakti Sebagai PNS Awal Pengabdian Untuk Masyarakat Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 06 Desember 2019

Kasubbag Pati Evaluasi Tupoksi Kinerja Staf Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 06 Desember 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial